Gunung Padang, Machu Picchu Indonesia

 

Gunung padang

Machu Picchu merupakan salah satu peninggalan terbesar dari peradaban Inca Kuno. Terletak 2.400 meter di atas permukaan laut, Machu Pichu dibangun tinggi di pegunungan Andes, Peru. Ternyata salah satu peninggalan sejarah ini tidak hanya terdapat di Peru, melainkan terdapat juga di Indonesia. Gunung Padang Megalithic Site disebut sebut sebagai Machu Picchu Indonesia.

Gunung padang

Menurut Ketua Arkeologi TTRM Gunung Padang Ali Akbar, konstruksi yang terdapat di Gunung Padang setiap meternya ada jeda lapisan tanah dan setelah digali ada struktur batu lagi di bawahannya membuat gunung Padang ini mirip dengan Machu Picchu di Peru. Terletak di Cianjur Jawa Barat, Gunung Padang merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan hasil penelitian uji radiometrik bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 5 meter sampai dengan 12 meter berusia 14.500 – 25.00 tahun. Ini membuktikan bangunan di bawah permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza.

Ketika mengunjungi tempat ini, Momopal akan disuguhkan pemandangan batu-batu panjang dan besar yang berserakan di mana-mana serta lapisan rumput hijau yang serupa karpet yang siap menyambut Momopal ketika menginjakkan kaki di Gunung Padang. Tak hanya itu saja, pepohonan rimbun, serta lapis gunung yang mengelilinginya juga seolah sangat berbeda dan khas, bahkan mengelilingi dari segala arah mata angin. Tumpukan gunung batu yang tersusun di Gunung Padang sungguh menawan, bahkan batu yang memiliki tumpukan yang paling tertinggi mempunyai nama yang khas yakni “Mahkota Dunia.” Menurut masyarakat sekitar spot ini adalah titik pusat energi di Gunung Padang.

Gunung padang

Salah satu keunikan yang terdapat pada situs ini ialah ada alat musik berupa batu persegi panjang yang bergelombang pada bagian atasnya. Jika setiap gelombang dipukul, maka akan mengeluarkan bunyi yang berbeda antar gelombang satu dengan yang lain. Selain itu, disini Momopal juga dapat menikmati segarnya air dari sumur Cikahuripan yang memiliki arti air kehidupan. Air dari sumur yang memiliki nama Banyu Susuk Tungga (Banyu berarti air, susuk berarti menancap, dan tungga berarti satu) dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit baik penyakit fisik maupun penyakit batin.

Gunung padang

Dibalik semua keunikan yang terdapat di Gunung Padang, masih banyak misteri yang tersimpan. Banyak pertanyaan yang masih belum bisa terpecahkan seperti usia situs megalitik ini. Namun, daya tarik serta keunikan yang hanya dimiliki Gunung Padang memikat hati wisatawan untuk berkunjung ke sini. Penasaran kan? Ayo segera rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

Source Image: Google.com

 

 

 

Add Comment

Loading...