Sajian Istimewa Khas Gorontalo

Letaknya yang berada di Sulawesi Utara, pastinya membuat cita rasa kuliner Gorontalo memiki ciri khas tersendiri dari daerah lainnya di Indonesia. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan persebaran tumbuhan rempah-rempah yang ada di setiap pulau. Keanekaragam budaya yang ada di Indonesia pun turut mendukung keunikan karakteristik yang dimiliki kuliner Gorontalo. Kali ini Momotrip akan mengajak Momopal untuk mencicipi sajian istimewa khas Gorontalo.

  • Binte Biluhuta

gorontalo

Makanan khas gorontalo ini mungkin terdengar asing di telinga Momopal, karena dari pengucapannya pun terasa sulit jika bukan orang asli Gorontalo yang mengucapkan. Binte Biluhuta memiliki arti jagung yang disiram. Ya, masakan ini sekilas memang terlihat seperti sop jagung pada umumnya, namun di dalamnya juga terdapat parutan kelapa, daun bawang, daun kemangi, kucuran jeruk nipis, bawang goreng, serta potongan daging ikan cakalang yang membuat aroma Binte Biluhuta menjadi sangat khas.

  • Ayam Iloni

gorontalo

Ketika dilihat sekilas, Ayam ini terlihat seperti ayam bakar yang Momopal sering santap. Namun yang membedakan Ayam Iloni dari ayam bakar lainnya adalah cara memasaknya dengan menggunakan santan. Rasa khas yang ditimbulkan dari santan ini akan membuat lidah Momopal merasakan keistimewaan di setiap gigitannya.

  • Sate Tuna

gorontalo

Letak Gorontalo yang berada di dekat lautan lepas, membuat daerah ini sungguh dipenuhi oleh kuliner laut, salah satunya adalah Sate Tuna. Dari namanya, memang sudah jelas dapat Momopal tebak bahwa kuliner ini memiliki bentuk seperti sate pada umumnya, namun daging yang digunakan adalah daging ikan tuna. Daging tuna yang telah dipotong dadu, kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Menyantap sate tuna rasanya akan lebih lengkap bila ditemani dengan Sambal Roa.

  • Ilabulo

gorontalo

Kuliner yang satu ini memiliki bentuk seperti pepes yang Momopal sudah sering lihat. Namun, yang menjadi bahan utama dari Ilabulo adalah hati ayam, sagu, dan santan yang akan menyerap dan menambah gurih rasa dari Ilabulo. Ilabulo dapat dinikmati bersama nasi ataupun dijadikan makanan ringan.

  • Sashimi Tuna

gorontalo

Yang terakhir adalah Sashimi Tuna. Makanan nan bergizi ini mungkin terlihat seperti Sashimi dari Jepang. Namun, bahan dasar dari Sashimi ini bukan lah dari ikan salmon, namun dari ikan tuna. Teman santapannya pun berbeda dari Sashimi Jepang yang biasa dimakan dengan kecap yoshu dan wasabi, Sashimi Tuna akan nikmat bila dinikmati dengan sambal dabu-dabu.

Source image: google.com

Add Comment

Loading...