Santap Siang Di Manado

Manado, sebagai ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara, sering menjadi tujuan liburan para wisatawan. Selain karena keindahan alamnya yang kita kenal melalui Pulau Bunaken, wisatawan yang berkunjung ke sana tentu juga penasaran dengan beragam jenis makanannya yang unik. Nah, sekarang Momotrip akan mengajak kamu mencicipi beberapa makanan khas Manado yang cocok untuk santap siang!

1. Cakalang Fufu

cakalang fufu

Sesuai dengan namanya, bahan utama Cakalang Fufu adalah ikan cakalang. Ikan ini hanya dibumbui dengan garam dan bubuk soda, kemudian diasapi (di Manado disebut dengan istilah “fufu”) selama empat jam dan didinginkan selama dua jam. Setelah semua proses selesai, akan tersaji Cakalang Fufu yang berwarna merah di bagian luarnya dan bertekstur empuk di bagian dalamnya. Makanan ini akan lebih nikmat jika kamu santap dengan sambal-sambal khas Manado, seperti Dabu-dabu Lilang.

2. Tuturuga

ayam tuturuga

Tuturuga adalah istilah untuk kura-kura, yang seharusnya menjadi bahan utama makanan ini. Namun, karena pemerintah telah melarang penangkapan ilegal terhadap kura-kura, makanan ini kemudian disajikan dengan daging ayam atau sapi. Tuturuga disajikan dengan sedikit kuah berupa santan dan cita rasa pedas khas Manado. Jangan lupa menyiapkan nasi putih yang masih hangat untuk kamu santap bersama makanan ini.

3. Perkedel Nike

perkedel nike

Ikan nike, yang banyak ditemukan di Danau Tondano, adalah bahan utama untuk membuat Perkedel Nike. Ikan ini mirip dengan ikan teri, namun rasanya tentu saja berbeda. Untuk membuat makanan ini, ikan nike dicampurkan dengan tepung, telur, bawang putih dan bawang merah untuk menambah rasanya, kemudian digoreng. Hasilnya, kamu akan menikmati perkedel yang gurih dan berisi ikan nike. Selain untuk makan siang, makanan ini juga cocok disantap sebagai cemilan.

4. Paniki

paniki woku

Manado terkenal dengan makanan-makanan ekstrimnya, salah satunya adalah Paniki yang berbahan utama kelelawar. Daging kelelawar yang berwarna hitam biasanya dibakar terlebih dahulu, kemudian dimasak dengan santan kental dan bumbu rempah yang kuat. Selain itu, Paniki juga bisa disate atau digoreng dengan bumbu rempah dan cabai hingga menghasilkan cita rasa pedas khas Manado. Daging Paniki memang agak keras, terutama di bagian sayapnya, jadi kamu perlu bersabar jika nanti menyantapnya.

5. Ikan Woku Belanga

ikan woku

Dimasak dalam wadah berupa tanah liat, Ikan Woku Belanga menghasilkan rasa yang lebih gurih dan nikmat daripada makanan sejenis lainnya. Selain itu, tambahan daun jeruk, daun pandan, dan kemangi juga menambah aroma harum makanan ini. Beberapa jenis ikan bisa digunakan untuk membuat Ikan Woku Belanga, seperti ikan nila, ikan kerapu, dan ikan mas. Kepiting, udang, dan ayam juga bisa dimasak dengan bumbu Woku Belanga untuk menggantikan ikan.

Jadi, jangan lupa mengatur menu makan siang kamu dengan beragam jenis makanan unik saat berkunjung ke Manado. Yuk, rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

Add Comment

Loading...