Spot Rahasia di Nusa Penida, Bali.

angelsbillabong2 nusa penida

Bali memang mempunyai pesona alam yang sangat luar biasa. Bahkan pesona itu tidak hanya ada di pusat kota Bali saja, kamu bisa melihatnya di pinggiran kota Bali. Salah satunya di wilayah tenggara Bali yang memiliki 3 pulau kecil, yaitu Pulau Lembongan, Nusa Ceningin dan Nusa Penida. Ketiga pulau tersebut memiliki daya tariknya masing-masing, namun yang selalu menjadi tujuan wisatawan dalam dan luar negeri ialah Nusa Penida. Hal itu karena Nusa Penida merupakan pulau yang lebih luas dari dua pulau lainnya dan kejaiban dunia akan lebih terlihat di pulau ini.

Bali daratan dan Nusa Penida hanya dibatasi dengan selat Badung, sehingga jika kamu ingin pergi ke sana kamu harus menyebrang laut menggunakan kapal atau boat. Sekitar 60 menit kamu bisa tiba Nusa Penida dan melihat eksotisme alam yang luar biasa indahnya. Kamu akan menemukan suasana pantai yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Yuk, simak pantai dan spot rahasia apa saja yang bisa kamu kunjungi jika berlibur ke Nusa Penida!

Tidak takut terhadap ketinggian? Cobalah berjalan di  tebing Pasih Uug (Broken Beach)

bali nusa penida

Nama Pasih Uug atau Broken Beach memang terdengar asing ditelinga kita, pasalnya pantai ini terdapat di ujung kota Bali. Namun, siapa sangka jika pantai ini memiliki pemandangan laut yang luar biasa. Pasih Uug memiliki tebing melingkar mirip seperti sumur raksasa yang tengahnya berlubang sekitar 50-200 meter dan di atasnya membentuk seperti jembatan.

Lubang tersebut terlihat seperti terowongan dan wisatawan asing sering menyebut terowongan tersebut sebagai patahan. Sehingga pantai ini juga disebut sebagai Broken Beach oleh wisatawan asing karena tebingnya yang patah. Air laut yang masuk ke dalam terowongan seakan terperangkap di dalam terowongan, dan itulah yang menjadi pemandangan yang sangat menarik.

Tebing tersebut juga menjorok ke laut seperti di Uluwatu. Namun, ombak di sini cukup besar karena berada di laut lepas. Kalau kamu berdiri di atas tebing tersebut, kamu akan merasakan hembusan angin yang cukup kencang dan mendengar suara deburan ombak yang cukup keras. Sejauh mata memandang hanya akan terlihat laut lepas dan kalau kamu beruntung kamu bisa melihat bayangan ikan pari manta yang sangat besar.

Karena Pasih Uug termasuk tempat yang lumayan jauh dari penduduk, maka tempat ini terbilang sepi dan cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri.

Angle’s Billabong menjadi bidadarinya Nusa Penida

angelsbillabong

Meskipun Nusa Penida bukan menjadi tujuan utama kamu berlibur ke Bali, tapi kamu harus tau kalau Nusa Penida memiliki tempat yang luar biasa indahnya. Angles’s Billabong atau yang sering juga disebut sebagai bidadarinya Nusa Penida. Tempat ini memang udah layak banget deh disebut sebagai bidadari karena pemandangan laut lepasnya yang sangat menakjubkan dan kolamnya yang cantik seperti bidadari.

Kolam di Angle’s Billabong diapit oleh dua tebing yang besar. Jadi, kolam ini berada ditengah-tengah tebing itu. Kamu bisa mengasah adrenaline mu dengan berenang di kolam ini, karena kamu akan berenang di tengah kolam di antara dua tebing sambil menghadap laut lepas dan mendengar suara deburan ombak. Seperti berenang di tengah laut ya.

Air di kolam ini sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat dasar kolam tersebut dengan mata telanjang. Warna-warni bebatuan di dasar kolam semakin membuat kamu merasa sangat ingin beranang. Jika kamu ingin merasakan pengalaman yang tidak akan kamu rasakan di tempat lain, cobalah datang ke Angle’s Billabong.

Bermain dengan Pari Manta dan Ikan Mola-mola

Kamu yang memiliki hobby diving jangan lewatkan kesempatan bermain dengan dua jenis ikan yang sangat sulit kamu temukan di tempat lain, yaitu Ikan Pari Manta dan Mola-mola. Kalau kamu ingin sekali berenang bersama dua hewan tersebut, Nusa Penida tempatnya. Sekali menyelam kamu akan menemukan dua ikan tersebut berenang bebas di hadapan mu. Sungguh kamu akan melihat kejaiban bawah laut jika bertemu dengan dua ikan tersebut.

Ikan Pari Manta merupakan jenis pari yang tidak berbahaya. Jika kebanyakan pari memiliki racun di ekornya, namun pari manta ini bebas dari racun sehingga kamu bisa berenang mengikutinya atau di bawahnya. Suasana menegangkan akan terasa jika kamu berenang di bawah ikan manta karena cahaya dari langit akan tertutup dengan lebarnya sayap pari manta. Pari manta memiliki lebar sayap sepanjang 3 meter lebih. Bisa dibayangkan sekecil apa kalau kamu berada di bawah pari manta yang sedang berenang di atas mu. Kamu juga bisa melihat berbagai macam warna pari manta, seperti hitam, abu-abu, dan putih di bagian bawah.

Tidak kalah dengan pari manta, ikan mola-mola juga merupakan penghuni laut di Nusa Penida. Ikan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu bulat pipih dengan sirip menjulang ken  atas dan ke bawah. Lebih uniknya lagi ikan ini tidak memiliki sayap dan beratnya mencapai 1 ton, untuka ukuran dewasa diameter tubuhnya mencapai 3-4 meter. Sudah berat, besar, panjang pula. Inilah keunikan dari ikan Mola-mola. Ikan Mola-Mola bisa kamu temukan di wilayah tropis karen ikan ini tidak bisa hidup dengan suhu dingin, jika suhu di bawah 12º celcius Ikan Mola-mola akan menderit bahkan bisa mati.

Add Comment

Loading...