Pulau Cantik itu Bernamakan Pulau Bawean

 

Pulau Bawean

Indonesia memiliki kepulauan yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Salah satu dari sekian banyak pulau cantik yang dimiliki Indonesia adalah Pulau Bawean. Pulau Bawean masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur dan berjarak hanya 120 KM dari Pelabuhan Gresik. Kontur daratan yang dimiliki oleh pulau ini berbukit-bukit sehingga bisa memandang lepas jauh kelautan yang sangat mempesona panoramanya.

Pulau Bawean

Pulau Bawean terkenal dengan rusa asli daerah setempat, yakni Rusa Bawean (Axis Kuhlii) yang merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Penangkaran rusa yang terdapat di Pulau Bawean terletak terpencil di sebuah lembah. Diletakkan terpencil dikarenakan rusa-rusa tersebut sangat peka terhadap suara, bahkan wisatawan yang mengunjungi penangkaran ini diminta untuk berbicara pelan, tidak berisik dan memotret tanpa lampu kilat.

Pulau Bawean

Disekitar Pulau Bawean terdapat beberapa pulau kecil yang mempunyai pemandangan cantik. Salah satu pulau yang banyak dilirik oleh wisatawan lokal adalah Pulau Noko Selayar. Pulau Noko Selayar terletak di tengah laut, terpisah dari Pulau Bawean, tidak memiliki penduduk dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan luar. Sangat disayangkan apabila Momopal melewatkan aktivitas snorkeling ketika mengunjungi Pulau Noko Selayar. Pulau Noko Selayar memiliki air yang sangat jernih sehingga dari atas kapal pun Momopal dapat melihat terumbu karang, ikan-ikan kecil, dan beberapa Bintang Laut.

Pulau Bawean

Pulau Bawean

Tanjung Ga’ang merupakan spot terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Bawean. Tanjung Ga’ang merupakan hamparan batu karang yang luas di atas air laut jernih berwarna biru. Terdapat 2 cara untuk menikmati pulau ini, yang pertama adalah dengan menyusuri batu-batu karang menggunakan perahu nelayan dan yang kedua adalah dengan mendaki karang itu sendiri. Ketika matahari terbenam, paparan sinar oranye memantul di air laut sehingga menambah keindahan Tanjung Ga’ang.

Pulau Bawean memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan Bali. Air laut yang jernih, hamparan pasir putih yang halus, biota bawah laut yang indah dan juga panorama yang menakjubnya. Masih banyak keindahan yang tersembunyi di pulau ini dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Momopal ke Pulau Bawean bersama dengan Momotrip

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...