Desa Penglipuran, Desa Impian Terbaik di Dunia

penglipuran

Indonesia memang dikenal dengan keaneragaman suku, adat, dan budaya. Tiap-tiap daerah memiliki keunikan tersendiri, termasuk adat istidat yang dilakukan oleh orang setempat. Tidak hanya budaya yang beraneka ragam, namun Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata dan kulinernya. Banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk sekedar berlibur dan menikmati wisata alam yang hanya terdapat di Indonesia.

Salah satu wisata yang sering dilirik wisatawan asing untuk berkunjung kembali adalah Desa Penglipuran. Desa Penglipuran merupakan salah satu desa adat yang sudah dikembangkan menjadi desa wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa ini berada 700 meter diatas permukaan laut yang berlokasi di kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Memiliki luas sekitar 112 hektar, Desa Penglipuran tidak sulit untuk ditemukan karena desa ini terletak hanya 45 KM dari Denpasar.

penglipuran

Desa Penglipuran berasal dari Akronim kata pengeling dan pura yang berarti mengingat tempat suci (para leluhur). Awalnya, masyarakat desa ini berasal dari Desa Bayung Gede, Kintamani, yang bermigrasi permanen karena suatu hal ke desa Kubi Bayung, yang kini dikenal sebagai Desa Penglipuran. Di desa inilah mereka akhirnya menetap dan menjaga kearifan kebudayaan mereka.

penglipuran

Ketika Momopal memasuki desa ini, Momopal akan disuguhkan udara yang sejuk dan segar dikarenakan tidak ditemukan polusi yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor di desa ini. Di sekitar pintu gerbang masuk desa terdapat area yang dinamakan catus pata yang merupakan area yang terdiri dari balai desa, fasilitas masyarakat serta ruang terbuka hijau berupa taman nan asri.

penglipuran

penglipuran

Desa Penglipuran masuk diurutan ketiga desa Impian di dunia. Karena budaya yang terdapat di daerah ini masih terus dilestarikan dan dijaga menjadikan Desa Penglipuran menjadi salah satu desa terbaik di Indonesia. Waktu terbaik untuk mengunjungi desa ini yakni dekat-dekat dengan hari raya galungan atau setelah hari raya galungan karena Momopal akan melihat jejaran penjor yang menghiasi setiap rumah di desa ini. Penasaran kan ingin melihat langsung seindah apa yang ditawarkan oleh Desa Penglipuran. Ayo rencanakan liburan kamu ke Desa Penglipuran bersama Momotrip!

Add Comment

Loading...