Pemandian Alami 7 Putri Khayangan

Mengunjungi daerah Sumatera barat sudah pasti yang terbenak di pikiran Momopal adalah Jam Gadang, Padang, Sabang dan Pulau Weh. Banyak sekali keindahan alam yang dapat kamu temukan di daerah Sumatera Barat. Tidak hanya memiliki pulau-pulau indah, ternyata ada satu pemandian tersembunyi yang memiliki keunikan tersendiri. Pemandian tersebut ialah Tapian Puti.

tapian puti

Tapian Puti merupakan tempat pemandian yang berkonsep alami yang terbentuknya karena proses alam dan tanpa campur tangan manusia sama sekali. Terletak di kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, tempat pemandian alami ini merupakan sebuah aliran air yang berasal dari perbukitan yang mengalir di atas bebatuan dan membentuk beberapa kolam kecil di atasnya. Yang menjadi keunikan tersendiri di tempat ini adalah terdapatnya 7 tingkatan dimana tiap tingkatnya tersebut memiliki beberapa kolam, membentuk air terjun kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih.

tapian puti

Di balik keunikan yang dimiliki Tapian Puti ternyata terdapat sebuah kisah legenda tersendiri yang menceritakan Malin Deman dan Putri Bungsu. Konon katanya tempat pemandian ini dahulu merupakan tempat pemandian 7 putri khayangan. Masyarakat setempat percaya bahwa 7 putri tersebut mandi di masing-masing 7 tingkatan kolam tersebut.

tapian puti

Tidak hanya dijadikan tempat wisata favorit, ternyata pemandian alami Tapian Puti ini juga digunakan oleh masyarakat setempat untuk melaksanakan tradisi balimau. Tradisi Balimau merupakan tradisi mandi untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Jadi, apabila Momopal mengunjungi daerah ini di dekat bulan Ramadhan jangan berharap Momopal bisa leluasa mandi di Tapian Puti karena tempat ini akan dipenuhi masyarakat untuk melakukan ritual balimau serta pedagang dadakan.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...