Main Air di Goa Hawang

Goa Hawang merupakan salah satu tempat wisata di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara yang memiliki destinasi unik nan cantik. Goa ini memiliki air yang sangat jernih, saking jernihnya wisatawan yang datang kesini bisa melihat bebatuan yang berada di dasar air. Warna air yang sebiru kristal dan stalagtit di dinding goa makin mempercantik ornamen di dalam goa.

goa hawang maluku

Meskipun menjadi salah satu destinasi alam yang tersembunyi, namun Goa Hawang selalu ramai dikunjungi, terutama pada hari libur. Kebanyakan wisatawan penasaran ingin melihat birunya air yang akan memantul pada stalagtit ketika terkena sinar matahari dari lubang-lubang kecil. Pantulan cahaya warna birunyalah yang membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahan Goa Hawang.

goa hawang maluku

Air yang terdapat di dalam Goa Hawang terhubung langsung atau berasal dari mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Obyek wisata Goa Hawang ini terdiri dari dua buah goa dengan jarak 15 meter yang terhubung dengan sungai di bawah tanah. Kalau Momopal mempunyai keberanian yang tinggi, cobalah untuk melakukan diving di Goa Hawang ini. Tetapi jika tidak bisa melakukan diving, Momopal bisa berenang atau sekedar menyelupkan kaki ke dalam air.

goa hawang maluku

Hal yang paling unik dari Goa Hawang ini adalah adanya batu berbentuk manusia dan hewan. Konon dahulu ada seorang pemburu yang berburu babi bersama dengan anjingnya. Babi tersebut lari ke dalam goa lalu tiba-tiba menghilang. Karena lelah, pemburu meminum air di dalam goa namun dirasanya air tidak enak kemudian dia memaki-maki. Setelahnya, pemburu dan anjing tersebut dikutuk menjadi batu.

goa hawang maluku

Meskipun terkesan unik, masyarakat sekitar menganggap cerita tersebut menjadi legenda. Banyak masyarakat setempat menganggap goa tersebut masih menjadi misteri sehingga harus berhati-hati dalam perbuatan terutama dalam perkataan dan untuk wanita haid disarankan agar tidak masuk ke dalam goa.

Berlibur ke pantai dan gunung sudah biasa, cobalah Momopal rasakan mengunjungi Goa Hawang. Letaknya yang tidak jauh dari kota Tual membuat Goa Hawang menjadi tujuan wisata oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Jika Momopal ke Maluku sempatkan waktu ke Goa Hawang dan rasakan sejuknya air dalam goa.

Ayo rencanakan liburan Momopal bersama Momotrip !

source image : google.com

Add Comment

Loading...