Berkunjung Ke Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera!

Sudah tidak terbantahkan lagi betapa indahnya Kepulauan Raja Ampat di Papua. Gugusan pulau yang tersebar di Raja Ampat membuat siapapun yang melihatnya akan terkesima dengan keindahannya. Namun, siapa sangka ternyata di Sumatera juga ada gugusan pulau yang tak kalah cantiknya dengan Raja Ampat. Wilayah tersebut bernama Kepulauan Mandeh.

Mandeh

Dikatakan sebagai Raja Ampatnya Sumatera karena ketika Momopal mendatangi Mandeh dan berdiri di kawasan puncak Mandeh akan terlihat gugusan pulau dari ketinggian. Gugusan pulau tersebut jika dilihat secara seksama mirip dengan pulau yang ada di Raja Ampat. Berbagai macam gugusan pulau tersebut diantaranya Pulau Seronjong Besar, Pulau Seronjong Kecil, Pulau Setan, Pulau Cubadak, Pulau Pagang, Pulau Pemutusan, Pulau Persumpahan, Pulau Emas dan lain sebagainya.

Dari ketinggian akan terlihat gugusan pulau yang mengelilingi Mandeh. Dari pulau-pulau tersebut Momopal bisa melakukan aktivitas snorkeling. Melihat keindahan alam bawah laut di wilayah Sumatera. Berenang bersama ikan-ikan kecil yang berlarian dan menyelinap di batu karang.

Mandeh

Air laut di kepulauan Mandeh hampir semuanya berwarna biru dengan gradasi hijau toska, ada pula beberapa yang berwarna biru kristal. Sehingga jika sedang malas bersnorkeling Momopal bisa melihat aktvitas laut dan juga karang berwarna hijau hanya dengan bermain air di pinggir pantai.

Jika Momopal memiliki kemampuan untuk diving, jangan lewatkan kesempatan menyusuri lebih dalam lagi keindahan bawah laut gugusan kepulauan Mandeh. Terdapat 8 titik lokasi menyelam di sekitar Mandeh, yang paling terkenal adalah spot kapal karam Belanda yang terdapat di kedalaman 27 meter.

Mandeh

Tidak hanya menyuguhkan wisata laut, Mandeh juga memiliki air terjun yang wajib untuk dikunjungi. Letaknya tidak jauh dari Puncak Mandeh, hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1.5 km baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Air terjun Mandeh memang tidak terlalu tinggi tetapi airnya sangat menyegarkan.

Untuk lokasinya sendiri kepuluan Mandeh terdapat di Kecamatan Koto XI Terusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan berbatasan langsung dari Kota Padang. Jika melalui jalur laut dapat ditempuh dengan Kapal dari pelabuhan Teluk Bayur selama kurang lebih 1.5 jam, namun jika menggunakan jalur darat dapat menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih selama 2 jam dari Kota Padang.

Berkunjung ke Kepulauan Mandeh Momopal harus menyiapkan waktu yang pas, karena jika weekend dan musim liburan Mandeh akan dipenuhi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalau Momopal datang pada musim liburan maka bersiaplah berbagi tempat snorkeling dengan wisatawan lainnya.

Add Comment

Loading...