Banyak Kegiatan di Pulau Banyak

Jika di wilayah Timur Indonesia memiliki cantiknya Raja Ampat, maka di bagian Barat Indonesia memiliki eksotisme wisata yang sangat indah bernama Pulau Banyak. Salah satu gugusan kepulauan di Indonesia ini terletak di kabupaten Aceh Singkil. Ada sekitar 70 pulau yang tersebar di kepulauan Banyak, kebanyakan pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni dan berisi resort-resort yang langsung menghadap ke laut.

Kepulauan Banyak masih sangat sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Itulah sebabnya mengapa kepulauan ini disebut dengan pulau yang masih perawan. Banyak pulau yang tidak berpenghuni. Jadi, kalau momopal membutuhkan ketenangan untuk menjernihkan pikiran, Pulau Banyak tempatnya!

Pulau Tailana

Berkunjung ke Pulau Banyak, aktifitas yang wajib momopal lakukan adalah snorkeling. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil di bawah laut akan menyambut kamu ketika pertama kali masuk ke dalam air. Semakin dalam menyelam, kamu akan lebih melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut yang sangat indah. Pulau Tailana salah satu pulau yang sangat jernih untuk melakukan aktifitas menyelam. Bahkan saking jernih air di Pulau Tailana, pemandangan bawah lautnya bisa dinikmati dari permukaan laut tanpa harus menyelam.

Pulau Sikandang pulau banyak

Pulau Sikandang1

Tidak puas hanya dengan menyelam, kamu bisa melakukan aktifitas hopping island di Kepulauan Banyak. Pulau-pulau yang bisa kamu kunjungi diantaranya, Pulau Sikandang, Pulau Pandan dan Pulau Biawak. Kamu bisa merasakan semilir-semilir angin dari pohon kelapa, dan duduk santai melihat pemandangan laut lepas menjadi pilihan yang tepat saat kamu bersitirahat dari kegiatan hopping island.

Surfing di Pulau Banyak

Bagi momopal yang memiliki bakat surfing, jangan lewatkan kesempatan surfing di Kepulauan Banyak. Karena ombak dari samudera hindia akan menantang kamu untuk merasakan ketinggian ombak bisa mencapai 6 meter. Pulau strategis untuk melakukan surfing terdapat di Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Sementara untuk mendapatkan ombak yang panjang bisa kamu temukan di Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.

konservasi Penyu di Pulau Bangkaru

Sambil berlibur momopal juga bisa ikut mendukung konservasi Penyu Hijau, Penyu Belimbing atau Penyu Sisik di penangkaran aslinya di Pulau Bangkaru. Penyu hijau memiliki panjang 1 meter dengan berat lebih dari 200kg. Penyu Hijau merupakan salah satu penyu langka yang dilindungi. Sedangkan Penyu Belimbing memiliki 2 meter dan berat 500kg yang hanya ada pada bulan November dan Maret saja.

sunset di pulau banyak

Selain aktivitas snorkeling dan surfing kamu juga bisa berenang dan bermain kano atau bersantai di pasir putih yang lembut. Kepulauan Banyak yang terletak di ujung Barat Indonesia ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset dan sunrise. Karena jauh dari polusi udara, kamu akan melihat pantulan cahaya jingga di laut ketika matahari mulai naik atau turun, selain itu bentuk matahari akan terlihat sangat bagus. 

Kepulauan Banyak memiliki keeksotisan yang tidak diragukan lagi. Gugusan pulaunya yang masih perawan membuat pulau ini masih sangat bersih dengan air laut yang juga jernih. Hamparan pasir putih dan lembut tersebar dimana-mana. Tidak perlu menyelam, karena dari atas perahu pun bisa melihat keindahan bawah laut yang masih asri. Begitu banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Banyak. Meskipun jarak yang ditempuh untuk menuju Pulau Banyak cukup jauh, tetapi perjalanan yang melelahkan akan terbayar oleh keindahan, kesejukan, dan kesunyian Pulau Banyak.

Yuk, rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

source image : google.com

Add Comment

Loading...