Belajar Bersama Iman Usman – #JADINSPIRASI

 

iman usman

Dengan memperoleh gelar master, ia membuktikan bahwa pendidikan dapat mengubah hidupnya. Tidak hanya mengubah hidupnya, ia juga memanfaatkan ilmu yang ia peroleh untuk meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia. Begitulah cita-cita Muhammad Iman Usman, co-founder Ruangguru.com.

Sejak kecil, Iman sudah dekat dengan dunia pendidikan dan pengembangan masyarakat, dimulai dari berbagi buku dengan teman-temannya. Ia memindahkan rak berisi buku-buku koleksinya ke depan rumah agar anak-anak di sekitar rumahnya dapat membaca buku-buku tersebut. Teman-temannya juga mulai mengirim buku kepada Iman agar bisa dibaca dan dibagikan dengan anak-anak di sekitar rumahnya.

Selama menuntut ilmu di dunia perkuliahan, Iman meraih sejumlah prestasi. Pada tahun 2010, ia terpilih sebagai Duta Muda ASEAN dan mewakili Indonesia di G-20 My Summit di Toronto, Kanada. Kemudian, pada tahun 2011, ia menerima penghargaan Microsoft Bloggership, yaitu penghargaan yang diberikan Microsoft kepada para blogger muda yang berpikiran maju dan terbuka, peduli pada isu-isu edukasi, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selanjutnya, pada tahun 2012, Iman menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional setelah mengalahkan mahasiswa berpretasi dari universitas lain di seluruh Indonesia.

Selain berprestasi, Iman juga mendirikan sebuah organisasi bernama Indonesian Future Leaders (IFL) yang bergerak di bidang pemberdayaan anak muda untuk menciptakan perubahan sosial. Salah satu program IFL yang dipimpin oleh Iman adalah Children Behind Us, program edukasi untuk anak-anak di pinggiran kota Jakarta.

Kecintaan Iman pada dunia pendidikan mendorongnya untuk mendirikan Ruangguru.com bersama sahabatnya, Adamas Belva Devera. Ruangguru.com adalah sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan, dengan menghubungkan guru privat dengan muridnya untuk belajar secara online maupun offline. Perusahaan yang dirintis Iman ini juga memberikan manfaat, baik bagi guru privat yang terdaftar maupun murid yang menjadi pengguna jasa guru.

Dedikasi Iman Usman untuk dunia pendidikan dan pengembangan masyarakat dapat menjadi inspirasi kamu untuk berbagi ilmu yang kamu miliki dari belajar di sekolah atau tempat lainnya kepada orang lain yang belum memiliki kesempatan yang sama dengan kamu.

Add Comment

Loading...