Hobi jalan-jalan jadi inspirasi untuk masyarakat ala Viktoria Marinton – #JADINSPIRASI

 

Viktor Marinton

 

Viktoria Marinton atau biasa disapa Viktor sebenarnya telah mulai berkecimpung di dunia travelling sejak masih kuliah di Universitas Udayana pada tahun 2004. Saat menjadi mahasiswa, Viktor memiliki banyak sekali pekerjaan sampingan mulai menjadi tentor private, teknisi komputer, ternak ayam hingga usaha laundry, freelance local tour guide sampai akhirnya bekerja sebagai seorang flash programmer.

Kesempatan berkuliah di Pulau Dewata yang penuh pesona wisata tentunya tidak disia-siakan oleh Viktor. Berawal dari hobi jalan-jalan dan mengeksplor tempat-tempat yang jarang dikunjungi membawa pria kelahiran Jakarta, 10 April 1984 ini menjadi freelance local tour guide di Bali untuk para turis lokal sampai asing. Awalnya, Viktor mendapat tamu untuk travelling di Bali dengan cara nongkrong di spot-spot ramai seperti Kuta. Viktor menarik tamunya dengan cara berkenalan dan mengajak jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Bali tanpa menarik bayaran, sang Turis cukup membayar transportasi saja tetapi biasanya di akhir perjalanan sang turis memberikan tips karena sudah ditemani untuk jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat wisata seru di Bali. Viktor juga mendapat tamu dari teman-temannya yang mengenalkannya dengan para turis.

Untuk turis lokal, Viktor mengajak mereka untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum terlalu diketahui oleh mereka pada saat itu seperti Pantai Padang-Padang atau Blue Point. Untuk turis asing, Viktor juga mengajak mereka ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi dan memperkenalkan mereka dengan budaya daerah Bali. Menjadi tour guide untuk para turis asing  dari berbagia negara tentunya memberi Viktor banyak pelajaran. Menurutnya, kebahagiaan menjadi seorang local guide adalah selain mempunyai banyak kesempatan untuk liburan, ia juga bisa belajar untuk mengenal berbagai karakter, kebiasaan bahkan sudut pandang sampai penyelesaian masalah yang berbeda dari setiap individu yang pernah ditemuinya dan tentunya mengasah kebiasaan berbahasa asing bagi dirinya.

Selain kesenangan menjadi freelance tour guide, tentunya ada juga kendala yang dialaminya. Tantangan selama menjadi freelance tour guide menurutnya adalah pada segi peraturan. Pada saat itu, peristiwa Bom Bali membuat sektor pariwisata di Bali lumpuh, dan peran freelance tour guide untuk mengembalikan kepercayaan para turis sangat diperhitungkan. Setelah kegiatan sektor pariwisata normal kembali, ada beberapa peraturan yang memberatkan para freelance tour guide karena tidak mempunyai surat izin. Viktor sempat hampir dikenai sanksi pada waktu itu, dan ia sangat menyayangkan sekali karena para freelance tour guide yang belum mempunyai surat izin hanya diberi sanksi tanpa diberi sosialisasi terlebih dahulu.

Pengalaman menjadi freelance tour guide di Bali yang walaupun menyenangkan tetapi harus kucing-kucingan dengan petugas karena masalah izin menjadi inspirasi Viktor saat kembali ke Jakarta setelah lulus kuliah dan mendirikan Momotrip.co.id. Menurutnya, kendala para freelance tour guide pada saat itu adalah mereka tidak bisa menunjukkan track record mereka agar dipercaya oleh para turis dan juga sistem internet yang belum begitu bagus sehingga menyusahkan para local tour guide untuk menawarkan jasa wisata mereka. Selain itu pengalamannya dengan masalah kepercayaan saat memesan layanan jasa wisata di situs tertentu juga menjadi inspirasi Viktor mendirikan momotrip.co.id.

Momotrip.co.id dibuat sebagai online marketplace dan wadah bagi para local tour guide dan turis yang ingin menawarkan jasa dan memesan trip dengan cara yang mudah, aman dan terpercaya. Momotrip ingin memberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk para masyarakat Indonesia yang mempunyai jiwa entrepreneurship di bidang pariwisata khususnya para local tour guide untuk mengeksplor pariwisata di daerahnya. Langkah awal Momotrip saat pertama kali soft launching pada april 2016 adalah dengan mengeksplor langsung potensi wisata terbaik Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan mencari para local tour guide yang bisa dan mau untuk diedukasi dan diajak untuk berkembang bersama untuk memajukan sektor pariwisata di indonesia.

Momotrip adalah jembatan bagi para turis lokal dan local tour guide. Para turis lokal memang menjadi konsentrasi utama Momotrip pada saat ini. Menurut Viktor, selain meningkatkan taraf hidup para local tour guide, ia juga ingin Momotrip bisa membuat para wisatawan Indonesia tidak lagi mempunyai mindset bahwa lebih baik berlibur ke luar negeri daripada ke Indonesia. Melalui Momotrip, ia ingin masyarakat Indonesia bisa lebih mencintai pariwisata negerinya yang jauh lebih bagus daripada di luar negeri.

Saat ini, Momotrip juga masih mengeksplor berbagai tempat wisata baru di indonesia dan berusaha untuk memperbaiki kembali tempat wisata lama di Indonesia. Cita-cita Momotrip dalam beberapa tahun ke depan adalah membuat masyarakat Indonesia tidak ragu untuk berwisata ke berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan bertemu dengan orang baru dan kebiasaan yang berbeda. Mengingat sikap asli orang Indonesia yang ramah, sopan dan mudah bergaul.

Viktor juga berujar bahwa para Momopal-sebutan untuk pelanggan Momotrip-, untuk bersiap-siap menunggu grand launching momotrip.co.id karena akan lebih banyak trip yang bisa dieksplor oleh para wisatawan Indonesia. Dan yang lebih penting lagi adalah memperbesar wadah untuk para local guide untuk menawarkan jasa wisatanya demi kemajuan Pariwisata indonesia yang lebih baik.

Add Comment

Loading...