Karya Nadiem Makarim Untuk Tanah Air – #JADINSPIRASI

Nadhiem

“Saya dididik dari kecil untuk kembali dan berkontribusi ke Tanah Air, walaupun seumur hidup lebih sering sekolah di luar negeri.”

Setelah menyelesaikan studi di Harvard Business School dan menjabat sebagai Managing Editor di Zalora Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan PT Go-Jek Indonesia pada tahun 2011. Perusahaan yang didirikannya kini sudah menaungi lebih dari sepuluh ribu tukang ojek yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Pencapaian tersebut merupakan hasil perpaduan dari inovasi dalam berbisnis dan sikap pantang menyerah yang dimiliki Nadiem Makarim.

Inovasi itu muncul dari obrolan Nadiem dengan para tukang ojek. Mereka mengatakan bahwa penumpang tidak selalu banyak, kemudian di pangkalan ojek diterapkan sistem giliran sehingga para tukang ojek harus menunggu giliran untuk mengangkut penumpang. Jadi, sebagian besar waktu mereka habis digunakan untuk mangkal dan menunggu penumpang.

Akhirnya, Nadiem mendapatkan ide agar para tukang ojek tidak perlu menunggu penumpang hanya di pangkalan ojek. Ide tersebut memanfaatkan teknologi smartphone yang sedang berkembang saat itu. Terciptalah aplikasi Go-Jek yang bisa digunakan para tukang ojek untuk mencari penumpang, sedangkan penumpang juga tidak perlu ke pangkalan ojek terlebih dahulu untuk mencari tukang ojek.

Walaupun idenya sudah terealisasi, Nadiem menemui masalah lain. Nama Go-Jek yang belum terkenal seperti sekarang membuat ia kesulitan merekrut para tukang ojek untuk bergabung dengan perusahaannya. Ia rajin mengunjungi pangkalan ojek dan mengobrol dengan para tukang ojek yang mangkal di sana. Meskipun bermula dengan dua puluh pengemudi, dengan sikap pantang menyerahnya, saat ini sudah ratusan ribu pengemudi yang bergabung dengan Go-Jek.

Dengan mendirikan Go-Jek, Nadiem telah mewujudkan ide dan mimpinya untuk membantu para tukang ojek mencari penumpang tanpa harus menunggu giliran di pangkalan ojek sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu, Go-Jek mengembangkan layanan bagi para penggunanya, bukan hanya layanan ojek, seperti jasa antar barang atau pengiriman  makanan, dan layanan lainnya.

Karena kerja keras Nadiem Makarim bersama timnya, Go-Jek sudah memperluas jangkauan perusahaannya, baik dalam jumlah pengemudi maupun jumlah pengguna. Kerja keras itu bisa menjadi inspirasi kita untuk mendirikan perusahaan yang tidak hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri tetapi juga bagi  masyarakat luas.

Add Comment

Loading...