Tari Saman Dari Serambi Mekkah, Aceh

Tari Saman merupakan salah satu tarian yang sangat populer di Indonesia. Tarian tradisional ini berasal dari suku Gayo di Aceh. Tarian ini dinamakan Tari Saman karena diciptakan oleh seorang ulama besar Aceh bernama Syekh Saman.

tari saman

Pada awalnya tarian ini hanya sebuah permainan yang benama Pok Ane, namun kemudian ditambahkan iringan syair yang berisi pujian-pujian kepada Allah SWT. Serta diiringi juga dengan kombinasi tepukan para penari, saat itulah berkembang menjadi tarian yang kini dikenal dengan Tarian Saman.

Dibutuhkan lebih dari 10 penari untuk mempraktekan Tari Saman, dan tarian ini tidak diiringi oleh musik melainkan hanya dari tubuh si penari, dengan menepuk tangan, dada dan pangkal paha. Dan juga dari suara para penarinya. Tarian ini dipimpin oleh seorang syekh untuk memberikan aba-aba kepada penarinya. Syekh tersebut juga yang mengucapkan pujian, sindiran atau nasihat yang diucapkan ulang oleh para penarinya.

tari saman

Tari Saman merupakan salah satu tarian yang sangat menarik dan unik, kombinasi setiap gerakannya yang beragam, gerakan tangannya yang dinamis, perubahan posisi duduk, dan juga goyang badan yang dihentakan kekiri dan kekanan. Gerakannya begitu dinamis dan sangat kompak, sehingga banyak penikmat tari yang terpikat dengan Tari Saman.

Masyarakat Indonesia berhasil mempopulerkan Tarian Saman. Banyak sanggar-sanggar tari yang mengikut sertakan penari-penari saman di berbagai festival dan juga mahasiswa kuliah di luar negeri menampilkan Tari Saman di acara besar, seperti di kedutaan Indonesia.

tari saman

Hal yang harus Momopal tahu, sebenarnya Tari Saman merupakan tarian yang hanya dipraktikan oleh lelaki saja. Namun, kini justru lebih banyak berkembang Tari Saman yang juga dipraktikan oleh perempuan. Adapun tarian yang juga dikenal mirip dengan tari Saman, namanya Tari Ratoeh Jaroe. Hampir sama dengan Tari Saman, namun Tari Ratoeh Jaroe lebih sering dipraktikan oleh perempuan. Namun, terlepas dari itu Tari Saman tetap menjadi tarian yang sudah dikenal oleh dunia.

Kini Tari Saman sudah banyak dikenal oleh mancanegara. Kesuksesan Indonesia mempromosikan kesenian tarinya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan kini Tari Saman telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...