Melihat Palung di Pulau Kelapa

Jika mendengar kata Pulau Bira ataupun Pulau Pari pasti Momopal sudah tahu letak pulau-pulau tersebut berada di gugusan Kepulauan Seribu. Tapi pernahkah Momopal mendengar Pulau Kelapa? Mungkin Pulau yang satu ini masih asing dikalangan Momopal, namun siapa sangka pulau ini menjadi pusat pemerintahan dari kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

pulau kelapa

Pulau Kelapa merupakan sebuah pulau yang dilihat dari geografis terletak di sebelah utara pulau jawa dan masuk dalam wilayah kelurahan pulau kelapa, kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki populasi cukup padat, yakni dihuni oleh 5.023 jiwa yang mendiami pulau ini. Memiliki luas mencapai 13.09 hektar, sebagai besar penduduk yang mendiami pulau ini didominasi orang Makassar atau Bugis.

pulau kelapa

Sesuai dengan namanya, jika Momopal berkunjung ke pulau ini maka Momopal akan menemukan banyak pohon kelapa. Tidak hanya pohon kelapanya yang banyak, Momopal juga akan menemukan banyak hardcoral, seagrass, mangroove dan biota bawah laut yang indah. Pulau yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang halus ini masih memiliki air laut yang jernih dan juga terdapat keunikan tersendiri yakni Momopal masih bisa menjumpai banyak palung-palung yang menakjubkan.

Tak jauh dari Pulau Kelapa terdapat Pulau Kelapa dua yang terletak di sebelah utara pulau kelapa dan pulau harapan. Disini Momopal dapat bermain dengan penyu-penyu yang memang dijadikan sebagai tempat pengembangbiakan atau penakaran penyu yang dikelola oleh pemerintah setempat.

pulau kelapa

Untuk menuju ke Pulau Kelapa tidaklah sulit, Momopal dapat menggunakan kapal ferry yang berangkat dari Muara Angke dengan perjalanan selama 3.5 jam. Pulau Kelapa hanya berjarak 30 menit dari Pulau Pramuka dan hanya perlu menyebrang menggunakan jembatan dari Pulau Harapan. Pada malam hari, pulau Kelapa seakan akan berubah menjadi pulau bintang karena dihiasi oleh lampu-lampu berwarna warni yang sangat mempesona.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...