Sungai Maron, Tandingan Amazon dari Pacitan

Pacitan yang dijuluki kota seribu goa, ternyata memiliki destinasi wisata air yang menakjubkan dan berbeda dari tempat-tempat lain di Indonesia, salah satunya adalah Sungai Maron. Sungai yang memiliki letak geografis di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, jika dilihat dari udara, ternyata memiliki kemiripian dengan Sungai Amazon, sebab bentuk sungai yang berliku-liku ditambah badan sungai yang terasa lebar ketika diarungi. Air yang terlihat jernih dan juga ratusan pohon kelapa yang tumbuh memagari sungai ini, membuat pesona Maron sungguh tidak kalah dengan Sungai Amazon.

Sungai Maron

Untuk mencapai Sungai Maron ini, Momopal harus menempuh jarak sekitar 100 km dari Kota Solo, melalui Jalan Raya Solo-Pacitan. Lalu Momopal mengambil arah ke Desa Dersono. Nah, jalan selanjutnya menuju Sungai Maron akan terasa sangat tidak bersahabat. Diperlukan pengemudi yang andal dan mesin kendaraan yang prima.

Aktivitas utama yang dapat Momopal lakukan di Sungai Maron ini adalah wisata perahu sepanjang 5 km yang ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit. Satu perahu biasanya dapat memuat 5-6 orang, termasuk dengan Momoranger yang berasal asli dari Pacitan, sehingga sudah pasti mengetahui seluk beluk tentang Sungai Maron.

Sungai Maron

Suasana sungai tropis sangat kental terasa ketika Momopal memulai petualangan. Barisan pohon kelapa dan juga tumbuhan lain yang berada di sisi sungai membuat udara terasa sejuk dan segar, meskipun matahari bersinar dengan terangnya. Tentu, air yang jernih akan sangat menggoda Momopal untuk bermain air dan berenang-renang kecil. Terlebih lagi bila Momopal berkunjung pada musim kemarau, Air akan tenang dan jernih. Sebaliknya, ketika musim hujan melanda, air akan keruh karena lumpur yang ada di dasar sungai akan terangkat ke atas akibat arus air sungai.

Sungai Maron
Di akhir perjalanan, Momopal akan bermuara di Pantai Ngiroboyo. Pantai ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu pasir hitam yang mendominasi sebagian besar pantai. Pasir hitam ini akan tampak berkilauan ketika terpapar sinar matahari. Sehingga tak heran bila pantai ini dijuluki mutiara hitam oleh warga sekitar. Seru bukan petualangan mengarungi Sungai Maron? Jadi tunggu apa lagi? Ayo rencanakan perjalanan Momopal ke Sungai Maron bersama dengan Momotrip!

Source image: google.com

Add Comment

Loading...