Berburu Kain Tenun Dari Lombok

Lombok tidak hanya menjadi pusat perhatian dari keindahan alamnya tetapi juga kain tenun yang dibuat khusus oleh perempuan Lombok. Kain tenun Lombok berasal dari suku Sasak yang mendiami wilayah Lombok sejak bertahun-tahun silam. Sehingga tak heran jika motif-motif tenun khas Lombok merupakan filosofi dari budaya suku Sasak.

Kain Tenun

Salah satu desa di Lombok yang terkenal dengan sentra pembuatan tenun Songket adalah Desa Sukarara. Tenun Songket merupakan kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan dengan hiasan-hiasan dari benang dari sintesis berwarna emas, perak dan warna lainnya. Hiasan itu disisipkan di antara benang lusi. Terkadang hiasan dapat berupa manik-manik, kerang atau logam.

Bahan baku yang digunakan dalam menenun adalah benang katun, sutera, sutera emas dan sutera perak. Sementara untuk bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna alami, seperti benang berwarna cokelat berasal dari pohon mahoni, warna cokelat muda dari batang jati, warna cokelat tanah dari biji asam, dan warna ungu dari kulit manggis.

Kain Tenun

Sebagian besar perempuan di Desa Sukarara bekerja sebagai penenun untuk menjaga tradisi dan budaya yang sudah diwariskan oleh nenek moyang mereka secara turun temurun. Selain itu, menurut kepercayaan suku Sasak bahwa perempuan harus bisa menenun, mereka tidak bisa menikah jika belum pandai menenun. Karena pada saat hari pernikahan nanti mempelai wanita wajib memberikan hasil tenunnya kepada mempelai pria.

Sama seperti daerah lain, kain Songket di Desa Sukarara juga memiliki ciri khas. Ciri ini bisa dilihat dari motif khusus yang menggambarkan gaya hidup kuno di Lombok. Motif khusus ini masih dipertahankan hingga saat ini. Motif tersebut di antaranya, motif rumah adat, lumbung dan tokek.

Kain Tenun

Jika dulu kain Songket hanya digunakan untuk acara-acara adat tertentu dan bersifat formal. Kini kain Songket sudah bertransformasi menjadi nilai guna yang baru, seperti untuk tas, baju, taplak meja dan lain sebagainya. Sehingga Momopal bisa memadupadankan dengan busana yang lainnya. Karena keindahan dan keunikannya tidak salah jika kain Songket khas Lombok ini selalu memiliki banyak penggemar. Jangan sampai melewatkan berburu kain Songket jika berkunjung ke Lombok.

Add Comment

Loading...