Menjelajahi Savana Ala Afrika di Baluran

Siapapun pasti akan terkesima ketika melihat pemandangan savana di Afrika, lahan luas yang ditumbuhi berbagai macam jenis tumbuhan dan juga berbagai jenis satwa yang berkeliaran. Jika Momopal ingin merasakan berdiri di tengah-tengah lahan luas sambil menikmati pepohonan dan melihat satwa berlarian, tidak perlu jauh-jauh lagi hingga ke negeri Afrika. Karena pemandangan tersebut akan Momopal dapatkan di Indonesia. Salah satu tempat yang menjadi favorit wisatawan untuk merasakan savana ala Afrika adalah Taman Nasional Baluran atau juga disebut Savana Baluran.

savana baluran

Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di Desa Wonorejo, sebelah utara Banyuwangi, Jawa Timur. Memiliki luas 25.000 hektar Savana Baluran mampu menampung berbagai jenis hutan, tumbuhan dan juga satwa liar, sehingga tidak salah jika tempat ini juga dijuluki dengan miniatur hutan Indonesia.

Savana Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang terdiri dari tipe vegatasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40% di antaranya vegetasi savana. Sementara itu ada sekitar 26 hewan liar yang tinggal di hutan ini, diantaranya benteng, kerbauĀ  liar, kijang, rusa, macan tutul dan kucing bakau. Adapun sekitar 155 jenis burung yang hidup di tempat ini.

savana baluran

Memulai penjelajahan tidak jauh dari pintu masuk Momopal akan melewati hutan yang hijau sepanjang tahun, atau biasa disebut evergreen. Tumbuhan di evergreen akan selalu hijau dan tak pernah kering. Hal itu karena evergreen berada di wilayah cekungan dimana terdapat sungai bawah tanah. Evergreen memiliki pepohonan yang rapat dan daunnya tumbuh menaungi jalan, sehingga seperti melewati terowongan. Jika melewati hutan ini cobalah membuka jendela mobil, rasakan sejuknya udara yang akan membuat fikiran menjadi lebih fresh.

Setelah melewati evergreen, Momopal akan disuguhkan padang Savana dengan latarbelakang Gunung Baluran. Jika Momopal pergi pada musim kemarau, maka segala macam jenis tumbuhan akan berwarna kecokelatan layaknya di Afrika. Tetapi jika pergi pada musim penghujan, Momopal akan melihat hijaunya tumbuhan yang ada di Savana Baluran.

savana baluran

Jika ingin melihat sebagaian besar keindahan Savana Baluran dari ketinggian, Momopal bisa menaiki gardu pandang. Dari atas gardu tersebut sejauh mata memandang akan terihat padang Savana yang sangat luas. Akan terlihat juga Bama Beach yang letaknya tidak jauh dari Savana Baluran

savana baluran

savana baluran

Penjelajahan selanjutnya Momopal bisa berjalan-jalan di sekitar Savana, jika beruntung Momopal akan melihat segerombolan rusa yang berjalan beriringan. Kerbau yang mandi di dalam kubangan besar atau burung merak yang berjalan santai melintasi hutan. Dari tepi Savana juga terdapat tulang kepala benteng yang sengaja ditempatkan di sana. Dan disitu juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto selain di bawah pohon besar.

Wilayah konservasi Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi wisata paling dicari di Banyuwangi. Disebut sebagai miniatur hutan Indonesia, tidak salah jika setiap harinya Savana Baluran selalu ramai oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Ayo rencanakan liburan Momopal bersama MomotripĀ untuk Savana!

source image : google.com

Add Comment

Loading...