Menyaksikan Golden Sunrise di Bukit Sikunir

Dataran tinggi Dieng memang tak habis-habisnya menyimpan keindahan, salah satunya adalah Bukit Sikunir. Bukit ini disebut-sebut memiliki pemandangan sunrise yang terbaik di Asia. Momopal dapat menuju pos Sikunir di desa Sembungan dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 90 menit dari Wonosobo atau 15 menit dari candi Arjuna. Desa Sembungan itu sendiri adalah desa tertinggi di Pulau Jawa, yang memiliki ketinggian 2.350 mdpl.

sikunir

Dari tugu bertuliskan “SIKUNIR” tersebut, perjalanan trekking Momopal menuju golden sunrise dimulai. Momopal disarankan untuk memulai perjalanan dari pos tersebut maksimal pukul 03.30, supaya tidak ketinggalan golden sunrise. Momopal diharuskan menempuh jalan setapak yang menanjak, terkadang beralaskan aspal, terkadang masih berupa tanah. Ketika musim hujan, jalur yang masih berwujud tanah ini akan terasa cukup licin, ditambah lagi dengan kemiringan jalur yang mencapai 90°. Namun, Momopal tidak perlu khawatir, karena selalu ada Momoranger yang akan meringankan perjalanan Momopal.

sikunir

Setelah melalui perjuangan yang cukup melelahkan selama kurang lebih 40 menit, Momopal akhirnya sampai di spot golden sunrise di puncak Bukit Sikunir. Rasa lelah dan kantuk yang Momopal rasakan, dijamin akan terbayar ketika menyaksikan detik-detik terbitnya sang “artis” yang dinanti. Sekitar pukul 5.00 lapisan awan itu semakin berubah kemerahan. Mulai terlihat sebuah bola emas yang makin lama makin meninggi. Bias cahaya dari golden sunrise tersebut membuat langit disekitarnya menjadi berwarna emas, merah, kuning, dan oranye. Sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya dan sulit digambarkan melalui kata-kata.

sikunir2

sikunir3

Ketika asik memandangi keindahan golden sunrise, Momopal baru akan tersadar bahwa ketika dini hari tadi, Momopal berjalan diatas kumpulan awan. Hal itu pasti akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Momopal. Rentetan empat puncak gunung, yaitu gunung Sumbing, Slamet, Sindoro, dan Merapi, pasti juga menambah rasa takjub dan haru Momopal. Tak sampai disitu, Momopal juga dapat berpindah spot di puncak tersebut, untuk melihat indahnya Telaga Cebong dari puncak Bukit Sikunir. Jelas tak ada lagi kata yang dapat menggambarkan keindahan tersebut.

sikunir

Dengan melakukan trekking ke Bukit Sikunir ini, tentunya Momopal pasti akan memiliki banyak sekali pengalaman hidup yang berharga. Momopal akan lebih mengenali karakter diri Momopal, ketika berjuang untuk sampai di puncak. Momopal juga dapat semakin mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oleh sang pencipta. Jadi, Ayo rencanakan perjalanan Momopal bersama dengan Momotrip!

Source Image: Google.com         

Add Comment

Loading...