Lima Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Dicoba

Adanya Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran membuat Banyuwangi menjadi destinasi liburan favorit para wisatawan. Namun, selain dua objek wisata tersebut, kota ini juga menyimpan banyak cita rasa dalam makanan-makanan khasnya. Nah, berikut ini adalah lima makanan khas yang wajib Momopal coba kalau berkunjung ke Banyuwangi!

Sego Tempong khas Banyuwangi

sego tempong

Satu porsi Sego Tempong terdiri dari nasi putih, lengkap dengan beberapa sayur (bayam, kenikir, timun) dan lauk (perkedel jagung dan sambal ikan teri) wajib, ditambah lauk yang bebas Momopal pilih sesuai selera dan keinginan. Lauk yang tersedia ada banyak macamnya, seperti ikan pe, pepes tawon, ayam panggang, dan lain-lain. Karena terdiri dari banyak sayur dan lauk, Sego Tempong sering dikatakan Nasi Rames-nya Banyuwangi.

Tak perlu bersusah-susah untuk menyantap satu porsi Sego Tempong karena makanan ini banyak ditemukan di warung-warung di pinggir jalan kota Banyuwangi mulai dari sore hingga malam hari.

Jangan lewatkan kenikmatan Rujak Soto 

rujak soto

Bagaimana rasanya jika rujak lontong dan soto dicampur? Di Banyuwangi, kamu bisa mendapatkan jawabannya dengan mencoba Rujak Soto. Dalam satu mangkuk, kamu akan merasakan bumbu rujak sekaligus kuah soto, juga menemukan beberapa jenis sayuran dan daging di dalamnya. Tambahkan kerupuk udang atau emping dan Rujak Soto siap disantap.

Rujak Soto mudah ditemukan di rumah-rumah makan yang ada di dalam kota Banyuwangi mulai dari siang hingga malam hari.

Pedas dan manis dari Pecel Pitik 

pecel pitik

Pecel Pitik bukan sekadar Pecel Ayam biasa. Ayam pada Pecel Pitik (menggunakan ayam kampung) disuwir terlebih dahulu, kemudian dibakar, dan dicampur dengan parutan kelapa. Rasanya pedas dan manis: pedas dari bumbu ayamnya dan manis dari parutan kelapanya. Jangan lupa menyantap Pecel Pitik dengan nasi putih hangat untuk menambah kenikmatannya.

Makanan ini biasanya disajikan pada acara-acara adat Suku Osing, suku asli Banyuwangi. Tetapi, jika kamu berkunjung ke daerah Desa Kemiren, ada beberapa warung yang menyediakan Pecel Pitik untuk wisatawan sehingga tidak perlu menunggu kesempatan tertentu untuk mencoba makanan khas Banyuwangi yang satu ini.

Ayam Pedas pas untuk lauk 

ayam pedas

Bagi kamu yang suka pedas, jangan lupa mencoba Ayam Pedas di Banyuwangi. Ayam ini dimasak dengan kuah bersantan, seperti opor, lengkap dengan rempah-rempah dan cabai. Jadi, jangan terkejut dengan rasa pedas yang dominan pada makanan ini.

Ayam Pedas biasanya disajikan untuk makan siang atau makan malam dan bisa juga dijadikan lauk tambahan ketika menyantap Sego Tempong.

Dua rasa dari Pecel Rawon

pecel rawon

Selain Rujak Soto, masih ada makanan khas Banyuwangi lain yang menggabungkan dua jenis makanan, yaitu Pecel Rawon. Makanan ini merupakan gabungan dari Nasi Pecel dan Rawon Daging sehingga kamu bisa menemukan nasi putih, sayuran yang diberi bumbu pecel, dan daging dengan kuah rawon dalam satu piring Pecel Rawon.

Makanan ini bisa ditemukan mulai dari yang berjualan secara kaki lima hingga yang membuka rumah makan, mulai dari pagi hingga malam hari.

Jadi, bagi Momopal yang berkunjung ke Banyuwangi, sempatkan diri untuk mencoba lima makanan khas ini ya!

source image : google.com

Add Comment

Loading...