Kuliner Favorit Berbuka Puasa di Aceh

Bulan Ramadhan tahun ini sudah di depan mata. Undangan untuk berbuka puasa menikmati hidangan khas bulan puasa bersama kerabat dekat pun mulai berdatangan. Momen berbuka puasa memang menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi Momopal yang menjalankannya. Momentum indah tersebut haruslah disambut dengan santapan spesial yang telah dinanti-nanti. Setiap daerah di Indonesia pasti lah mempunyai makanan favorit untuk buka puasa. Kali ini Momotrip akan membahas menu berbuka puasa yang digemari oleh masyarakat Aceh.

  • Bubur Kanji Rumbi

aceh

Bubur ini merupakan racikan dari berbagai rempah-rempah khas nusantara dengan kanji rumbi. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Bubur Kanji Rumbi adalah beras dengan kualitas terbaik, santan, air, rempah-rempah, lada, udang, daging sapi, dan daging ayam. Berbagai rempah-rempah yang dipakai antara lain ialah bawang merah, bawang putih, jahe, kulit kayu manis, ketumbar, jintan manis, cengkeh, dan buah kapulaga. Walaupun sekilas terlihat seperti bubur biasa, bubur ini jelas berbeda dari segi aroma dan rasanya. Pokoknya, Momopal dijamin ketagihan!

  • Asam Keu-Eeung

aceh

Masakan ini disebut-sebut memiliki rasa yang mirip dengan Tom Yam, karena rasanya yang asam dan pedas. Perbedaanya, asam dari Tom Yam berasal dari jeruk nipis, sementara rasa Asam dari Asam Keu-Eeung berasal dari belimbing sayur. Lauk di dalamnya dapat berupa ikan tongkol, udang, dan ikan bileh. Asam Keu-Eung akan semakin nikmat bila dinikmati dengan sepiring nasi yang masih panas.

  • Es Rujak Lincah Mameh

aceh

Minuman khas berbuka puasa yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis yang berasal dari campuran buah-buahan segar, sehingga dapat menegembalikan energi yang hilang ketika berpuasa. Dengan cita rasa tersebut, penduduk lokal Aceh mengungkapkan bahwa mereka tidak akan pernah cukup hanya dengan menikmati satu gelas Lincah Mameh.

  • Es Timun Jeruk Nipis Khas Aceh

aceh

Bukan rahasia lagi, bila diolah menjadi suatu minuman, timun akan memberikan cita rasa yang menyegarkan. Selain itu, timun memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia, berkat kandungan vitamin A, B, dan C, magnesium, dan kalium. Rasa segar yang dimiliki oleh timun akan ditambah lagi dengan kesegaran yang dimiliki jeruk nipis, sehingga akan tercipta sajian minuman Es Timun Jeruk Nipis Khas Aceh yang luar biasa dan bikin ketagihan.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...