Saatnya Menikmati Kuliner Khas Bukittinggi Yang Tak Terbantahkan Nikmatnya

Jika kamu berencana untuk liburan bareng ke Sumatera Barat, selain mengunjungi wisata alam dan monumen di sana, jangan lupa sempatkan diri untuk berwisata kuliner. Terutama saat berada di Bukittinggi yang jenis kulinernya unik. Nah, sebagai rekomendasi, ini beberapa kuliner khas Bukittinggi yang sudah terbukti kelezatannya dan patut dicoba.

Berlibur ke Bukittinggi katanya tidak lengkap bila belum mencicipi Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai.
itik lado ijo

Berbeda dengan resep gulai itik lainnya, gulai itik Ngarai tidak memakai santan sehingga rasanya lebih segar. Proses pengolahan bebek di kedai ini dilakukan dengan hati-hati untuk menghasilkan kualitas masakan yang terbaik. Mereka hanya menggunakan bebek kampung, bukan bebek yang diternakkan. Proses pemasakannya pun dilakukan semalaman agar bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Oleh karena itu, pantas jika rasanya memang lebih empuk dan tidak berbau amis.

Nasi Kapau Uni Cah yang sangat difavoritkan oleh wisatawan
Nasi Kapau

Cara penyajian makanan ini cukup unik, semua lauk-pauk berada di dalam baskom-baskom besar yang ditaruh di atas panggung bertingkat berupa anak tangga. Si pelayan berada di belakang panggung untuk mengambilkan makanan dengan menggunakan sendok kayu panjang. Jika dilihat sekilas, lauk nasi kapau tampak serupa dengan nasi Padang namun ternyata rasanya sedikit berbeda. Bumbu masakan untuk nasi kapau tidak menyerap minyak seperti nasi Padang, karena tidak ditumis. Nasi kapau juga dilengkapi oleh sayuran yang disajikan utuh dan disiram bumbu gulai.

Kualitas rasa Ayam Pop Family Benteng yang pasti tidak diragukan lagi
ayam pop

Penampilan ayam yang berwarna pucat ini mungkin tidak akan menggugah selera Anda. Namun coba dulu dan rasakan kegurihan daging ayam yang lembut, apalagi saat dicocol dengan saus yang terasa pedas sekaligus asam. Sepertinya kutipan yang mengatakan bahwa jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, sangat berlaku untuk menu ini.

Pical sikai dan lamang tapai
pacal sikai

Kalau di Jawa kita mengenal makanan pecel, Bukittinggi juga punya versi yang serupa. Pical sikai namanya. Hidangannya berupa sayur rebus yang disiram saus kacang. Bedanya dengan pecel, pical sikai ini menggunakan jantung pisang, rebung, kol, dan pucuk daun ubi sebagai sayuran rebusnya. Sebelum disiram saus kacang, keripik singkong akan ditaburkan sebagai pelengkap hidangan. Selain pical sikai,  jangan lupa untuk mencoba lamang tapai. Lamang tapai merupakan tapai yang terbuat dari ketan hitam.  Rasanya gurih dan lembut. (gambar diambil dari berbagai sumber)

Add Comment

Loading...