Festival Krakatau Lampung

Banyaknya pulau di Indonesia membuat keragaman budaya serta destinasi wisata berlimpah. Mulai dari pantai, gunung, hingga budaya dapat dijadikan destinasi liburan Momopal. Jika dilihat dari sisi wisata, Indonesia termasuk negara yang memiliki semua wisata yang dapat di eksplor oleh wisatawan. Wisatawan mancanegara dapat melakukan snorkeling, trekking, diving hingga rafting di Indonesia. Kalau dilihat dari sisi budaya, Indonesia tentu memiliki ragam budaya yang melimpah sehingga banyak ragamnya yang menarik untuk diketahui.

krakatau

Salah satu provinsi yang memiliki ragam budaya di Indonesia adalah Lampung. Lampung memiliki budaya yang menarik untuk diperkenalkan wisatawan. Untuk memperkenalkan budaya yang terdapat di Lampung, pemerintah lampung mengadakan acara festival budaya. Festival budaya yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Lampung adalah Festival Krakatau Lampung. Festival Krakatau atau yang juga dikenal dengan nama Lampung Krakatau Festival tak hanya jadi wadah untuk mempromosikan Gunung Krakatau sebagai destinasi wisata. Namun juga bertujuan untuk mengenalkan lokasi pelesir lainnya seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu, serta Taman Nasional Way Kambas ke wisatawan.

krakatau

Dalam festival yang diadakan rutin tiap tahunnya akan menampilkan karnaval, atraksi seni tradisional, pameran serta berbagai lomba yang diadakan sejak tahun 1990. Karena arus globalisasi yang semakin kuat, maka pemerintah setempat melakukan berbagai variasi dalam pelaksanaan festival Krakatau tiap tahunnya untuk mengikuti jaman. Maka dari itu, dari tahun ke tahun terdapat perbedaan pada konten acara yang ditampilkan. Salah satu rangkaian acara yang paling banyak manarik perhatian masyarakat setempat adalah karnaval karena pada karnaval pemerintah mengajak masyarakat untuk turut ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan budaya serta tradisi Lampung.

krakatau

krakatau

Jika Momopal datang ke festival Krakatau lampung, maka Momopal akan melihat karnaval yang diisi dengan parade busana tradisional dari dua suku besar di lampung, yakni Sai batin dan Pepadun. Tidak hanya itu, terdapat kesenian topeng tradisional tupping dan sekura yang menjadi salah satu kakhasan seni tradisional Lampung. Atraksi unik seperti parade baris berbaris polisi cilik, marching band dan gajah-gajah dari Taman Nasional Way Kambas juga turut ikut serta meramaikan Festival Krakatau Lampung.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...