Pulau Bintan, Permata di Barat Indonesia

Jika melihat ke arah wilayah barat Indonesia, urusan wisata masih didominasi oleh Batam. Memang Batam merupakan kota terbesar yang menyuplai jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Namun, sekarang wisatawan asing mulai merambah ke destinasi yang tak jauh dari Batam yakni Bintan. Mungkin banyak diantara Momopal yang masih asing dengan Pulau Bintan. Pulau Bintan merupakan bagian dari kepulauan Riau dan destinasi wisata strategis karena pulau ini terletak di antara dua negara, yakni Singapura dan Malaysia.

Pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki ibukota, yakni Tanjungpinang. Di sekitar pulau terdapat 3 ribu pulau kecil lainnya yang membentang dari Malaka hingga Laut Cina Selatan. Maka tak heran jika Bintan disebut sebagai tempat pelarian wisatawan untuk kabur sejenak melupakan keadaan ibukota yang semakin ramai. Memang Pulau Bintan belum tren seperti Kepulauan Seribu, namun Pulau Bintan menawarkan berbagai macam objek wisata yang tak kalah indahnya dengan kepulauan yang tersebar di Indonesia. Berikut objek wisata versi Momotrip yang dapat Momopal kunjungi ketika berlibur ke Pulau Bintan.

  1. Pantai Trikora

bintan

Pantai yang sempat menjadi primadona Bintan ini dipenuhi oleh batu granit yang begitu indah. Terletak di pesisir timur Pulau Bintan, Pantai Trikora dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang siap manjakan Momopal jika berkunjung kesini. Pantai Trikora sebetulnya merupakan rangkaian dari emapat buah pantai dengan nama yang mudah diingat, yakni Pantai Satu, Dua, Tiga dan Empat. Jika Momopal hobi snorkeling, datanglah ke Pantai Trikora saat musim kemarau karena air laut disini begitu jernih dan bersih sehingga Momopal bisa melihat keindahan bawah laut tanpa harus snorkeling.

  1. Gurun Pasir Busung

Bintan

Memang Indonesia memiliki bentang alam yang sangat beragam. Walaupun di tengah-tengah hutan terdapat pepohonan yang rindang dan pantai-pantai tropis pun Momopal dapat menemukan hamparan gurun pasir. Gurun Pasir Busung nan misterius ini dahulu merupakan tempat penambangan bauksit yang kini menjelma menjadi gurun pasir nan cantik. Pesona yang dimiliki Gurun Pasir Budung tak kalah indahnya dengan yang ada di Timur Tengah loh!

  1. Danau Biru, Kawal

Bintan

Meskipun Pulau Bintan dikelilingi oleh pantai yang memiliki warna laut yang biru, namun warna biru yang dimiliki Danau Biru Kawal bakal jauh lebih menghipnotis Momopal. Ditambah lagi terdapat bukit-bukit pasir berwarna putih yang tampat kontras disekelilingnya, sungguh sangat mempesona! Danau Biru yang ada di Pulau Bintan ini bukanlah tempat wisata melainkan area penambangan pasir yang hingga kini masih beroperasi. Cekungan-cekungan yang dihasilkan dari proses penambangan tersebut banyak yang terisi air hingga menjadi danau. Saat cuaca cerah warna air danau tersebut berubah menjadi biru yang membuat wisatawan penasaran untuk berkunjung ke danau ini.

  1. Crystal lagoon

bintan

Laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara ini menyuguhkan pemandangan epik berupa air dengan gradasi kebiruan dan pasir putih nan lebut yang begitu menjanjikan suasana liburan paling mengesankan! Crystal Lagoon memiliki luas 6,3 hektar dan panjang 800 meter dengan area terdalamnya hanya mencapai 2.5 meter. Tidak hanya memiliki tampailan seperti lautan ternyata air yang terdapat di kolam renang terbesar ini juga memiliki rasa yang asin mirip dengan rasa air laut. Jika Momopal berkunjung kesini, terdapat berbagai water activities yang dapat Momopal coba mulau dari bumper boat hingga jetovator.

  1. Pantai Senggiling

Bintan

Diantara pantai-pantai yang terdapat di Pulau Bintan, mungkin Pantai Senggliling masih kurang familiar dikalangan wisatawan. Terletak di kawasan Lagoi, Patai Senggiling memiliki bibir pantai yang sangat panjang. Hamparan pasir putih yang terdapat di pantai ini memiliki tekstur yang sangat lembut di telapak kaki Momopal. Karena akses jalan yang sedikit sulit, Momopal tidak akan menemukan banyak wisatwan yang berkunjung kesini. Namun, apabila Momopal tertarik untuk bermain di Pantai Senggiling, Momopal bisa mengakses lewat kota Tanjung Uban atau lewat Tanjungpinang.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...