Selat Lembeh, Kiblat Fotografi Bawah Laut

Selat Lembeh

Selat Lembeh merupakan perairan yang membelah Pulau Bitung dengan Pulau Lembeh. Selat ini memiliki panjang 12 km, dengan kedalaman 8-10 m, dan lebar 1-2 km. Secara administratif, Selat Lembeh masuk ke dalam kecamatan Bitung Selatan, provinsi Sulawesi Utara. Bagi Momopal yang belum tau, Selat Lembeh merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia dan dapat menemukan berbagai macam hewan dan tumbuhan bawah air yang mungkin sulit ditemui di perairan lain.  

Sebelum memiliki keindahan bawah air Selat Lembeh, pasti sudah merasa terkagum-kagum ketika melihat tebing-tebing dengan bentuk yang megah dan unik. Tebing-tebing yang semula berbentuk utuh, lama-lama memiliki lubang besar yang menyerupai sebuah terowongan. Peristiwa tersebut terjadi karena abrasi gelombang laut, sehingga tebing tersebut berubah menjadi sea arch

Selat Lembeh

Selat Lembeh

Setelah puas memandangi kemegahan tebing-tebing yang ada di Selat Lembeh, sekarang saatnya Momopal terjun ke dalam alam bawah air Selat Lembeh. Begitu masuk ke dalam air, langsung disuguhkan dengan pemandangan bawah air yang memiliki ciri khas lain dari perairan lainnya. Permukaan dasar dari Selat Lembeh ini adalah endapan pasir vulkanik yang berwarna abu-abu kehitaman. Jika melihat gambar di bawah dengan teliti, pastinya melihat beberapa hewan laut yang dapat berkamuflase dengan warna pasir. 

Selat Lembeh

Terdapat berbagai jenis biota bawah laut dari yang berukuran kecil hingga besar. Bagi Momopal yang memiliki hobi fotografi bawah laut, di selat Lembeh ini lah tempatnya. Bahkan, para penyelam profesional menjulukinya dengan sebutan “Kiblat fotografi Makro Bawah Laut”. Salah satu biota laut yang unik adalah Sun Coral. Karang ini sekilas menyerupai bentuk mata, dengan memiliki bola mata berwarna hijau dan bulu mata berwarna oranye. Terdapat pula karang yang menyerupai tangkai permen, yang bernama Torch Coral. Karang ini memiliki warna kecoklatan dan tekstur tubuh yang lunak. 

Selat Lembeh

Tak hanya memiliki beragam tumbuhan bawah air yang unik, perairan Selat Lembah juga menyuguhkan beragam hewan bawah laut yang memiliki bentuk lucu dan menggemaskan. Diantaranya ada cacing pohon pohon natal dan teripang raksasa. Cacing pohon natal memiliki spiral yang berwarna oranye atau biru yang berguna sebagai alat pernafasan. Berbeda dengan cacing pohon natal, teripang raksasa memiliki bentuk yang jelas lebih besar. Teripang ini memiliki panjang 20-50 cm, bahkan teripang yang ada di foto ini, memiliki panjang 100 cm. 

Selat Lembeh

Dengan mengunjugi Selat Lembeh, Momopal akan mendapat pengalaman perjalanan yang tak terlupakan, mulai dari keindahan tebing-tebing, sampai keunikan biota bawah laut. 

Jadi, tunggu apalagi, Segera rencanakan perjalanan Momopal menuju Selat Lembeh bersama dengan Momotrip! 

 Source image: google.com 

Add Comment

Loading...