Istimewa Yogyakarta

Predikat “istimewa” yang melekat pada nama Yogyakarta tentu diberikan bukan tanpa sebab, salah satunya sistem pemerintahan provinsi ini yang masih dipimpin oleh seorang sultan. Selain itu, predikat “istimewa” juga pantas dilekatkan pada Yogyakarta karena sejarah dan kebudayaan yang tersimpan di dalamnya. Inilah beberapa tempat yang perlu Momopal kunjungi di Yogyakarta karena keisitimewaannya!

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Hingga hari ini, Keraton Yogyakarta digunakan sebagai tempat tinggal sultan dan keluarganya. Namun, ada beberapa bagian dari keraton ini yang dibuka dan bisa Momopal kunjungi, seperti ruang koleksi milik kesultanan atau ruang pameran lukisan dan foto wajah para sultan yang pernah memimpin provinsi ini.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jika Momopal berkunjung pada pagi hari, biasanya Momopal akan bertemu dengan para abdi dalem yang bekerja untuk keraton. Jika Momopal berkunjung pada siang hari, biasanya ada permainan gamelan di halaman keraton.

Museum Affandi

Museum Affandi

Museum Affandi

Dari sekian banyak museum yang ada di Yogyakarta, Museum Affandi adalah salah satu yang wajib Momopal kunjungi! Museum ini terdiri dari tiga galeri, di mana ketiganya berisi koleksi lukisan karya Affandi selama hidupnya, mulai dari sketsa hingga bercorak realis.

Museum Affandi

Selain itu, museum ini juga menampilkan barang-barang berharga Affandi, seperti sepeda onthel dan mobil. Museum Affandi ditata dengan rapi dan secara kreatif sehingga Momopal tidak akan bosan dan menikmati kunjungan ke museum ini.

Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko

Walaupun populer dengan nama Candi Ratu Boko, namun situs ini dulunya merupakan komplek istana yang sangat luas, yaitu mencapai 250.000 m2. Komplek ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Akan tetapi, bagian utamanya adalah bagian tengah, tempat gapura sebagai pintu masuk istana berada.

Situs Ratu Boko

Jika Momopal berkunjung ke situs ini, sebaiknya berkunjung saat sore hari menjelang sunset. Alasannya, Situs Ratu Boko sangat panas di siang hari dan situs ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati proses terbenamnya matahari di Yogyakarta.

Malioboro

Malioboro

Malioboro di malam hari tak kalah serunya dengan siang hari! Momopal akan menemukan lebih banyak pedagang kaki lima yang berjualan makanan saat malam hari ketimbang berjualan pakaian dan pernak-pernik seperti saat siang hari.

Malioboro

Momopal bisa mencoba beberapa makanan lesehan sambil menikmati keramaian jalanan ini. Terakhir, Momopal bisa menutup hari dengan kehangatan semangkuk wedang ronde.

Nah, tempat-tempat istimewa di atas bisa Momopal kunjungi dengan merencanakan liburan bersama Momotrip!

source image : google.com

Add Comment

Loading...