Kilas Balik Lawang Sewu

 

Lawang Sewu

Indonesia, salah satu negara yang masih memelihara budaya yang kental. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mempertahankan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyangnya. Seperti mitos-mitos yang masih saja dipercaya oleh masyarakat. Salah satu mitos yang seringkali dikaitkan dengan kehidupan sehari hari masyarakat hingga kini adalah kisah-kisah mistis dari leluhur kita. Di Indonesia sendiri terdapat satu tempat wisata yang dahulu menyimpan kisah mistis yang konon masih suka dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Lawang Sewu

Lawang Sewu, sebuah gedung peninggalan penjajahan Belanda yang memiliki kisah mistis yang masih dirasakan oleh sebagian wisatawan yang berkunjung kesini. Nama Lawang Sewu berarti seribu pintu, yang berasal dari bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela. Dibangun pada tahun 1904, gedung bersejarah ini dahulu bernama Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda.

Lawang Sewu

Namun pada tahun 1940an, Lawang Sewu diambil alih oleh pemerintahan Jepang yang diubah menjadi tempat peristirahatan tentara Jepang. Diruang bagian bawah tanah, pemerintah Jepang menjadikan ruang tersebut sebagai tempat pembataian para pribumi pada masa itu. Pada masa itu, Lawang Sewu merupakan saksi bisu dari kekejaman pemerintahan Jepang yang tega menyiksa para tahanan, penduduk pribumi, serta orang-orang yang tak bersalah.

Lawang Sewu

Pada tahun 1945, Lawang Sewu resmi milik Indonesia dan dijadikan kantor resmi dari beberapa institusi Indonesia seperti PT KAI dan kantor Kodam IV/Diponegoro. Karena Lawang Sewu memiliki kisah horor, maka tempat wisata yang satu ini sering kali dijadikan sebagai lokasi uji nyali. Namun, pada tahun 2010 Lawang Sewu direnovasi agar imej horor yang melekat pada gedung bersejarah ini menghilang.

Apabila Momopal ingin berkunjung ke Lawang Sewu, mudah sekali menemukan ikon Semarang ini. Lokasi Lawang Sewu sangat strategis sehingga bisa dijangkau oleh wisatawan. Lawang Sewu terletak di tengah kota Semarang, berdekatan dengan Monumen Tugu Muda. Walaupun sudah direnovasi, gedung bersejarah ini masih menjadi destinasi favorit wisatawan apabila berkunjung ke Semarang.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...