Pulau Bokori, Dulunya Pulau Mati Kini Paling Dicari

Sulawesi Utara memang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, salah satu destinasi yang  terkenal dan paling dicari pencinta laut ialah Pulau Wakatobi. Tetapi jangan salah, di Sulawesi Tenggara ini juga ada Pulau yang sangat indah yang kini paling dicari oleh wisatawan terutama yang membutuhkan ketenangan. Terletak di pinggir Kota Kendari, Pulau ini bernama Bokori.

kendari

Kalau kamu merencanakan berlibur ke Sulawesi Tenggara, jangan lupa siapkan waktu untuk berkunjung ke Pulau Bokori. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Kota Kendari untuk sampai ke pemukiman suku Bajo, dari situ bisa menuju Pulau Bokori.

Hal yang menjadi unik dari Pulau Bokori ini ialah sejarahnya. Banyak diceritakan oleh nelayan setempat, bahwa dulunya pulau ini tidak berpenghuni. Bokori yang memiliki luas 2,5 hektar ini pernah ditempati oleh Suku Bajo. Karena adanya isu Pulau Bokori yang akan tenggelam karena abrasi, akhirnya banyak penduduk yang diungsikan ke pulau seberangnya. Pulau yang kini dihuni oleh Suku Bajo tersebut bernama Desa Mekar.

bokori

Namun pada tahun 2014 Pemerintah menjadikan Pulau Bokori yang tidak berpenghuni tersebut menjadi destinasi wisata, bahkan wisata internasional. Sudah terlihat banyak vila atau cottage yang dibangun guna menunjang destinasi wisata di Pulau Bokori tersebut.

kendari

kendari

Pasir pantai yang putih, warna laut yang biru sebening kristal dan deretan pohon kelapa di pinggir pantai ialah pemandangan pertama yang akan kamu lihat jika menginjakkan kaki ke Pulau Bokori ini. Kamu akan melewati jembatan yang berdiri di atas laut yang biru, dari jembatan itu kamu akan melihat pantulan-pantulan bayangan pohon kelapa di atas air laut. Kamu juga akan melihat warna biru air laut yang menyatu dengan warna biru di langit. Lautan biru yang luas seakan tidak ada ujungnya, akan menenangkan pikiran mu.

kendari

Pulau Bokori  juga menjadi salah satu pulau favorit bagi pasangan yang baru menikah. Hal ini karena ketenangan dan eksotis Pulau Bokori yang membuatnya seperti pulau yang romantis. Jadi, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap moment yang kamu jalani selama di Pulau Bokori bersama pasangan atau teman-temanmu.

Kalau kamu liburan ke Pulau Bokori pada bulan November, akan melihat Festival Pesona Pulau Bokori yang diadakan oleh pemerintah setempat. Tunggu apa lagi, segera tetapkan tanggal untuk mengunjungi pulau di tengah laut!

Segera rencanakan liburan Momopal bersama Momotrip!

Add Comment

Loading...