Buah Tangan Khas Manado

Manado merupakan salah satu kota di Sulawesi Utara yang terkenal dengan Taman Laut Bunakennya.  Tidak salah memang jika Manado menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi para penyelam.

Berkunjung ke Manado tidak lengkap rasanya pulang hanya dengan tangan kosong. Jika momopal masih bingung buah tangan apa yang akan dibawa pulang untuk sanak saudara atau kerabat dekat di rumah, momotrip punya daftar oleh-oleh khas Manado yang bisa momopal pilih untuk di bawa pulang nih! Yuk, di cek!

1. Halua Kenari

Halua Kenari

Seperti namanya, halua kenari berbahan utama buah kenari yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Jajanan khas Manado yang satu ini terbuat dari buah kenari yang dicampur dengan gula khas Manado. Dengan harga Rp 15.000 sampai Rp 50.000 kamu bisa menikmati manisnya cemilan asli Manado ini. Akan lebih pas lagi kalau kamu makan sambil ditemani dengan seangkir teh atau kopi.

2. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Salah satu cemilan khas Manado yang wajib kamu bawa pulang ialah kacang goyang. Untuk makanan khas Manado yang satu ini kamu hanya cukup membayar dengan harga Rp 10.000 – Rp 25.000 aja. Disebut dengan kacang goyang karena proses pembuatannya digoyang. Kacang yang sudah dikupas kulitnya lalu disangrai dengan pasir kemudian digoyang-goyangkan, itulah mengapa kacang tersebut dinamakan kacang goyang. Setelah disangrai kacang tersebut dicampur dengan menggunakan gula putih cair. Bila kacang ingin berwarna coklat, tinggal menambahkan pewarna cokelat, begitupun dengan warna lain seperti merah, putih dan merah jambu. Warna-warni dari kacang goyang tersebut menjadi daya tarik bagi penikmat cemilan khas Manado.

3. Klappertaart

Klappertaart

Siapa yang tidak tahu klappertaart, makanan ini dulunya dibawa oleh pedagang Belanda ke Manado, karena tidak bisa disebarluaskan di seluruh wilayah Indonesia, alhasil menjadi makanan khas Manado. Karena masyarakat Manado menerima langsung resep dari pedagang Belanda, klappertaart ter-enak akan kamu temukan jika kamu berkunjung ke Manado. Baik klappertaart yang dipanggang atau dikukus, dua-duanya sama enaknya ketika dimakan. Harga yang ditawarkan untuk satu klappertaart berkisar Rp 20.000 hingga Rp 200.000.

4. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Jika dua cemilan khas Manado di atas memiliki rasa yang manis, sekarang saatnya momotrip menyajikan makanan yang pedas-pedas, seperti cakalang fufu. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan cakalang segar yang mengalami proses pengasapan. Proses pengasapan cakalang sendiri membutuhkan waktu 4 jam. Memang cukup lama tetapi rasanya sangat nikmat. Selain diasap cakalang juga bisa digoreng dan dicampur sambal, dimasak santan, rica, dan dimasak pampis (cakalang suwir).

5. Sambal Roa

Sambal Roa

Rasanya sambal khas Manado ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia dan sudah memiliki banyak penggemar. Sambal Roa menjadi ikon kota Manado karena ikan roa yang menjadi bahan utama hanya banyak ditemukan di kota Manado. Suiran ikan roa yang sudah di asap dicampur dengan bumbu khas Manado dan minyak. Hasilnya akan tercipta rasa pedas gurih dari sambal roa tersebut. Memang harganya cukup mahal, berkisar antara Rp 55.000 sampai dengan Rp 65.000, tetapi sambal ini awet hingga 6 bulan jadi kamu bisa menggunakannya secara berkala. Akan lebih nikmat lagi jika kamu menyantapnya ditemani dengan nasi hangat.

Baik yang manis ataupun pedas, makanan khas Manado di atas bisa menjadi pilihan momopal untuk dijadikan buah tangan loh. Rasanya yang unik dan lezat akan memanjakan momopal ketika menyicipinya di rumah, dijamin deh momopal akan terasa rindu dengan Manado ketika menyantap cemilan khas Manado yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

source image : google.com

Add Comment

Loading...