Mencicipi Warisan Kuliner dari Maluku

Salah satu wilayah di bagian Timur yang memiliki tempat yang indah dan kepulauan yang menawan ialah Maluku. Maluku juga memiliki predikat sebagai provinsi tertua yang ada di Indonesia. Nah, sambil menikmati gugusan pulau yang tersebar di provinsi Maluku, kamu juga bisa mencicipi warisan kuliner khas maluku yang akan membuat kamu ketagihan. Ini dia nih beberapa makanan khas Maluku yang bisa momopal coba kalau liburan ke Maluku.

1. Nikmati makanan favorit khas Maluku, Nasi Lapola

nasi-lapola

Ini dia makanan khas Maluku yang sudah terkenal dan tersohor di dataran Maluku dan menjadi makanan favorit masyarakat Maluku. Nasi lapola ini terbuat dari kacang tolo atau kacang merah yang sudah direbus. Sebelumnya nasi ini dimasak setengah matang, lalu ditambahkan kelapa parut, garam dan kacang tolo dan diaduk menjadi satu. Setelah itu dikukus hingga matang, bisa dibayangkan rasa lembut dan gurih saat kamu mencoba makanan ini.

2. Papeda khas maluku

papeda, maluku

Tidak perlu sampai ke Papua kalau kamu ingin mencicipi Papeda. Karena makanan berbahan dasar sagu ini bisa kamu jumpai di Maluku. Papeda biasanya dijadikan sebagai makanan utama bagi masyarakat Maluku. Paling nikmat papeda disantap saat masih panas dan bersama kuah kuning, kuah khas Maluku yang terbuat dari olahan ikan tongkol atau mubara.

3. Merasakan pedasnya ikan kuah pala banda

ikan pala banda

Bagi kamu pecinta pedas, harus merasakan ikan kuah pala yang khas dari kepulauan Banda, Maluku Tengah. Rasa pedas ikan ini bukan berasal dari cabai, melainkan dari merica dan bahan-bahan rempah lainnya. Campuran rasa asam dari buah pala juga menambah nikmat makanan ini. Perpaduan rasa gurih, pedas dan asam ikan kuah pala ini menambah khas cita rasa dari ikan kah pala banda.

4. Talam sagu bakar, cemilan unik dari maluku

sagu bakar

Sagu menjadi makanan pokok khas Maluku, tentu banyak makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Salah satunya adalah talam sagu bakar yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan. Cemilan ini terbilang unik karena terbuat dari campuran sagu dan gula merah yang dibakar. Lebih unik lagi karena dalam sagu juga dicampur dengan kenari dan kacang brenebon (kacang merah). Tentu dari makanan ini akan menghasilkan cita rasa yang legit dan juga gurrih.

5. Ikan komu asar yang praktis untuk dijadikan oleh-oleh

ikan komu asar

Ikan komu merupakan sejenis ikan tongkol, cakalang, atau tuna yang dimasak dengan cara di tusuk dengan sebuah bambu yang dibelah lebar, diasap atau diasar lalu dikeringkan. Biasanya pengasapan dilakukan selama satu jam agar ikan benar-benar matang.  Ikan komu asar sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Kamu tidak perlu susah payah mencari ikan ini, karena banyak dijajakan dipinggir jalan terutama jika kamu datang saat musim ikan.

Yuk, rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

source image : google.com

Add Comment

Loading...