6 Alasan Mengapa LOB (LiveAboard a.k.a Menginap di Atas Kapal) di Labuan Bajo Itu Menyenangkan!

Kontributor : Wira Nurmansyah

LOB-Labuan-Bajo-1-21

Waktu ikutan liburan bareng Momotrip ke Labuan Bajo, saya dan 6 orang kawan lainnya yang baru saya kenal menginap selama 3 hari 2 malam di atas kapal. Kami berkeliling perairan di sekitar Labuan Bajo, kota kecil di ujung barat Pulau Flores, salah satu akses masuk Taman Nasional Komodo.

Awalnya saya sempat ragu. Membayangkannya saja saya sudah mulai mabuk. Belum lagi pasti bisa bosan karena pemandangannya cuma laut. Tapi ternyata saya salah. Malah LOB ini menurut saya WAJIB kalau kamu ke Labuan Bajo.

1. Lebih santai menjelajah Pulau Komodo dan Pulau Kecil lainnya

LOB-Labuan-Bajo-1-3

Dengan menjelajah dengan kapal selama tiga hari, hampir semua destinasi kece di Labuan Bajo bisa kamu jelajahi. Sebut saja Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Kambing, Pulau Kelor, Pulau Kalong, Pulau Taka Makassar, Pink Beach, hingga Gili Laba bisa kamu jelajahi dengan santai.

Karena waktu yang lebih fleksibel, kita pun bisa bernego dengan kapten kapal kita mau lebih lama menghabiskan waktu dimana.

Belum lagi faktor cuaca. Waktu di Pulau Rinca saya diceritakan ada satu kapal yang gagal ke Pulau Padar karena gelombang sangat tinggi saat menuju kesana. Jika kita hanya punya waktu satu hari, tentu kapten kapal akan putar balik dan langsung menuju destinasi berikutnya. Hilang sudah kesempatan kita untuk ke pulau paling ngehits di instagram itu.

Lain halnya jika kita punya waktu 3 hari. Kapten kapal akan memberikan alternatif untuk kembali lagi sore harinya atau besok pagi. Bisa juga pergi ke pulau lain yang tak kalah cantik.

Pulau KanawaPulau Kanawa

Pulau PadarPulau Padar

1. Makan di atas kapal dengan ikan-ikan segar!

Labuan BajoNikmatnya suasana makan di atas kapal

Entah bumbu apa yang dipakai oleh chef kapal kami. Semua masakan yang disediakan selalu membuat saya tak sabar menunggu untuk makan berikutnya.

Di Labuan Bajo banyak ikan-ikan segar yang baru saja ditangkap. Kalau kamu mau, kita bisa mancing di atas kapal dan akan langsung dimasakan oleh chef kapal.

Belum lagi suasana makan di atas dek kapal dengan angin sepoi-sepoi di tengah laut. Sehabis trekking, berenang, snorkeling, ataupun diving makan di atas kapal itu rasanya surga banget!

LOB-Labuan-Bajo-1-9Desert

1. Tiap hari berganti tempat menginap!

LOB-Labuan-Bajo-1-7

Malam pertama kami menginap di Pulau Kambing. Malam kedua seharusnya di Pulau Kalong, tapi karena permintaan kawan-kawan yang butuh sinyal, akhirnya kita pindah ke depan Pink Beach.

Waktu bangun di pagi hari, itu pemandangan lautnya damai banget deh. Rasanya kayak di danau saking tidak ada gelombang. Enak banget buat ngemil pisang goreng dan kopi pagi itu. Angin pun tidak terlalu kencang sehingga beberapa kawan ada yang memilih tidur di atas dek kapal daripada di kamar ber-AC yang ada di lantai bawah dek.

Pulau KambingSore hari di depan pulau kambing

Pink BeachPagi hari di depan pink beach

1. Bisa berenang tiap hari

LOB-Labuan-Bajo-1-8

Kalau yang hobi menyelam, LOB wajib hukumnya. Bahkan melihat komodo cuma jadi selingan saja bukan tujuan utama ke Labuan Bajo.

Kapten kapal saya bilang kalau yang rombongan memang khusus menyelam bisa sampai 5 hari berada di atas kapal, saking banyaknya spot-spot menyelam terbaik negeri ini yang ada di Labuan Bajo.

Buat kita yang cuma pengen berenang ala-ala sambil sesekali snorkling, enaknya LOB ini kita bisa lakukan sepuasnya! Bahkan kita bisa berenang bareng ikan pari manta yang lebarnya bisa mencapai 3 meter di perairan Labuan Bajo ini.

LOB-Labuan-Bajo-1-16Atau bisa bawa ini kalau nggak bisa berenang…

LOB-Labuan-Bajo-1-18Atasnya cantik

LOB-Labuan-Bajo-1-17Bawahnya apalagi

1. Bisa leyeh-leyeh di atas kapal

LOB-Labuan-Bajo-1-19

Karena sinyal internet agak susah disini, kita jadi punya waktu untuk benar-benar turn off. Simpan foto-foto buat pamer untuk nanti saat kembali ke peradaban.

Kamu bisa cuekin email dari bos, whatsapp dari klien, atau telepon dari selingkuhan kamu. Pokoknya saya lagi LIBURAN. Hihihi.

LOB-Labuan-Bajo-1-4Begitu ada sinyal….

1. Dan yang paling penting, menikmati waktu bersama kawan baru dan orang-orang tersayang!

LOB-Labuan-Bajo-1-2

Tidak masalah kemana kita pergi, tapi yang lebih penting adalah dengan siapa kita pergi. Mau tempat sebagus apapun, kalau kita pergi dengan orang yang kurang asyik, ya jadinya pasti kurang asyik hehe.

Kalaupun kami sendirian, pasti banyak teman-teman baru yang bakal kamu kenal

Tapi, jangan sampai ketika kamu sedang asyik-asyik bermain di Labuan Bajo tiba-tiba kamu baper dan dalam hati bilang, “I wish you were here….

JENG JENG.

Yuk langsung pesan paketmu ke Labuan Bajo di www.momotrip.co.id sekarang!

Artikel terkait : http://wiranurmansyah.com/hal-yang-bisa-kamu-lakukan-di-labuan-bajo