Sensasi Menginap Di Saribu Rumah Gadang

Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang kini banyak dituju oleh wisatawan. Hawa yang sejuk den keelokan alam membuatnya menjadi salah satu lokasi wisata primadona. Begitu luasnya Kota Padang sehingga tidak cukup waktu sebentar untuk menjelajahinya. Kota Padang juga dikenal dengan rumah gadang. Jika Momopal ingin melihat keunikan rumah asli Minangkabau ini, datanglah ke wilayah Solok Selatan. Di Solok ada satu tempat yang menjadi unggulan untuk melihat Rumah Gadang.

Berjarak kurang lebih 3,5 jam dari Kota Padang, Solok Selatan memiliki satu tempat yang dijuluki “Saribu Rumah Gadang”. Tempatnya mudah dicari karena tidak jauh dari jalan Solok Selatan yang menghubungkan Padang dengan Kabupaten Kerinci, Jambi.

rumah gadang

Rasanya memang pas tempat itu dijuluki sebagai Seribu Rumah Gadang karena ada banyak rumah gadang yang berjejer dempet dan berhadapan di kiri dan kanan jalan. Tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film layar lebar yang berjudul Di Bawah Lindungan Kabah yang dibintangi oleh dua tokoh terkenal, yaitu Herjunot Ali dan Laudya Cynthia Bella.

Belum lengkap rasanya datang ke rumah gadang jika tidak menyempatkan diri untuk menginap. Dari 174 rumah gadang yang terdapat di wilayah Nagari Kota Baru, ada sekitar 10 rumah yang bisa ditempati untuk menginap sebagai homestay. Bagi yang datang untuk menginap di rumah gadang tersebut akan disuguhi atraksi tarian-tarian tradisional serta makanan asli Solok Selatan, seperti pangek pisang.

rumah gadang

Keramahan masyarakat Solok juga membuat wisatawan yang menginap di Rumah Gadang akan terasa nyaman. Selain itu juga banyak ibu-ibu yang masih menggunakan baju kurung untuk kesehariannya. Di dalam Rumah Gadang tersebut masih terdapat barang-barang peninggalan Minang jaman dulu. Seperti hiasan dinding, gelas, piring, cerek dan sebagainya. Seperti gelas dan piring kanso yang digunakan.

Paginya Momopal bisa berjalan-jalan ke Kebun Teh Liki yang memproduksi teh hijau terbesar di Asia Tenggara. Dengan latarbelakang Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3805 mdpl, suasana di Kebun Teh akan terasa sangat sejuk. Masih di area Kebun Teh, Momopal bisa dengan tiba-tiba mencicipi kacang terenak dan termahal didunia, yaitu Kacang Makadamia.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...