Sajian Sedap Salad Khas Indonesia

Kuliner khas Indonesia selalu saja nikmat untuk disantap oleh berbagai kalangan. Bahkan banyak turis asing yang datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kuliner yang lebih banyak menggunakan bahan rempah-rampah. Ada berbagai jenis kuliner yang tersebar di seluruh nusantara yang memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari bahan yang digunakan, cara membuatnya dan juga cita rasa yang unik.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kulinernya yang menggunakan bahan dasar sayuran segar. Jika di negara Barat kita menjumpai salad, di Indonesia juga punya salad yang tak kalah lezat, lho. Berbeda dengan negara Barat yang mengolah salad menggunakan bumbu ala western, di Indonesia sendiri salad diracik dengan bumbu saus kacang yang lezat. Ada beragam jenis salad yang dibalut dengan bumbu saus kacang yang harus kamu coba.

Pecel

Pecel memang menjadi makanan khas Indonesia banget yang tak asing di masyarakat pulau Jawa. Biasanya salad disajikan sebagai makanan penutup, namun berbeda dengan pecel yang disajikan sebagai menu utama. Nasi atau lontong juga menjadi teman terbaik untuk menyantap pecel, tak lupa juga rempeyek untuk menambah kenikmatan makan pecel.

Salad Indonesia

Pada umumnya, sayuran yang digunakan sebagai bahan utamanya adalah sayuran matang yang sudah direbus, seperti kangkung, kacang panjang, kembang tauri, tauge dan masih banyak lagi. Lalu dilumuri dengan bumbu saus kacang yang terbuat dari kacang tanah yang diulek denganĀ  bawang putih, cabai, daun jeruk dan asam jawa.

Namun, pecel memilii beberapa ragam jenis. Seperti pecel yang berada di daerah Jawa Timur, yang paling terkenal ialah Pecel Madiunnya. Kekhasan dari pecel madiun ini adalah campuran daun singkong yang direbus.

Gado-gado

Sekilas tampilan gado-gado memang sama dengan pecel, yakni sayuran yang digunakan merupakan sayuran yang hijau dan matang. Namun, bedanya sayuran yang digunakan pada gado-gado lebih beragam ketimbang pecel. Pada gado-gado sayuran yang digunakan ialah kangkung, bayam, kol, labusiam dan kentang rebus. Ada juga beberapa jenis gado-gado yang dicampur dengan timun, selada dan tomat mentah.

Salad Indonesia

Sama seperti pecel, bumbu untuk gado-gado juga terbuat dari kacang goreng yang diulek lalu dicampur dengan bawang putih, cabai, air jeruk, garam. Tetapi terkadang bumbu gado-gado juga ditambahkan dengan terasi dan kecap manis. Sebagai pelengkap biasanya gado-gado ditambakan telur rebus, kerupuk udang, emping, tahu dan tempe goreng.

Karedok

Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini juga disebut sebagai saladnya Indonesia, karena terbuat dari sayur-sayuran mentah. Namun, sayuran pada Karedok tidak direbus/dikukus seperti sayuran di Gado-gado atau Pecel. Sayuran yang digunakan merupakan sayuran mentah yang segar dan sudah dicuci bersih. Sama seperti dua makanan di atas, Karedok juga dilumuri dengan saus bumbu kacang yang sudah ditambah dengan kencur.

Salad Indonesia

Isi sayuran dari Karedok ini tidak ada daun-daunan hijau seperti kangkung atau bayam, melainkan kembang kol dan kacang panjang dirajang halus, kemangi yang diambil daunnya, timun dan terong dipotong dadu kecil-kecil, sedangkan taoge dibiarkan utuh.

Asinan

Selain salad sayuran adapun salad buah yang juga bisa disebut asinan. Karenanya rasanya yang asam dan segar, asinan juga disebut sebagai kimcinya Indonesia. Sayuran dan buah yang sudah difregmentasi membuat rasanya semakin nikmat.

Salad Indonesia

Ada dua asinan yang terkenal di Indonesia, yaitu asinan Bogor dan asinan Betawi. Perbedaannya hanya terletak pada kuah siramannya yang juga sebagai bumbunya. Asinan Bogor lebih encer sementara asinan Betawi lebih kental karena dicampur dengan kacang tanah. Agar lebih nikmat asinan biasa disantap dengan kerupuk kuning dan merah.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...