Surga Kecil di Ujung Timur Kepulauan Nusa Tenggara

Indonesia memang memiliki pulau-pulau yang sangat indah sehingga mampu membuat wisatawan terpukau. Panorama yang ditawarkan mampu menyihir wisatawan untuk balik lagi. Salah satu pulau yang memiliki panorama bawah laut yang menakjubkan adalah Pulau Alor. Pulau yang memiliki luas sebesar 2.119 KM ini terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Keindahan yang ditawarkan Pulau Alor sangat luar biasa. Bahkan wisatawan mancanegara lebih mengenal pulau ini dibanding wisatawan lokal.

Alor

Pulau Alor merupakan sebuah pulau yang terindah di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki banyak wisata alam dan budaya yang eksotis. Keindahan pantai serta biota laut yang ditawarkan sudah tidak diragukan lagi. Bahkan pulau ini memiliki 18 titik penyelaman atau lebih dikenal dengan sebutan “Baruna’s Dive Site at Alor”. Karena memiliki keindahan yang menakjubkan, taman laut Alor disebut-sebut terbaik kedua di dunia setelah Kepulauan Karibia.

Alor

Jika Momopal berencana mengunjungi tempat ini, hal yang wajib dilakukan adalah diving. Panorama bawah laut yang ditawarkan sangat menakjubkan sehingga mampu menyihir siapapun yang berkunjung ke daerah ini. Salah satu spot diving terkenal adalah Shark Close. Di spot ini, Momopal dapat menemukan kumpulan ikan hiu yang terdapat di dasar laut. Tapi jangan khawatir karena hiu-hiu ini sangat bersahabat dengan para diver.

Alor

Tidak hanya wisata bawah laut, disini Momopal juga dapat berkunjung ke Museum Seribu Moko. Terletak di kota Kalabahi, Museum Seribu Moko menyimpan berbagai koleksi Nekara atau Moko peninggalan zaman perundagian. Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai senjata tradasional, foto para raja, pakaian adat dan berbagai benda lainnya yang menunjukkan kebudayaan alor.

Alor

Wisata lain yang dapat Momopal kunjungi adalah Kampung Tradisional Takpala. Apabila berkunjung ke desa ini, Momopal akan melihat kehidupan masyarakat Alor yang sangat bersahaja. Daya tarik utama dari kampung ini adalah rumah adat suku Abui yang dapat Momopal temui sebanyak 12 rumah adat.

Untuk menuju Pulau Alor, Momopal dapat menggunakan transportasi pesawat maupun kapal. Jika menggunakan pesawat, maka Momopal akan menaiki pesawat ke arah Kupang lalu disambung lagi dengan menggunakan pesawat ke Pulau Alor. Sedangkan untuk transportasi kapal, Momopal dapat membeli tiket menuju pelabuhan Kalabahi.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...