Ini Nih Makanan Indonesia yang Mendunia!

makanan indonesia

Namanya juga makanan, pasti sudah menjadi incaran oleh banyak orang. Adapun di setiap negara pasti memiliki makanan yang sangat lezat dan menjadi makanan kebanggaan negaranya. Salah satunya makanan di Indonesia. Banyaknya suku dan budaya di Indonesia menghasilkan banyak pula citarasa makanan yang berasal dari daerahnya masing-masing. Kekayaan rempah-rempah di Indonesia juga membuat hampir seluruh makanan nusantara disajikan dengan cita rasa yang berbeda.

Ada tiga makanan yang dulunya hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia namun kini sudah dinikmati oleh banyak wisatawan asing dan menjadi sanjungan, Rendang, Nasi Goreng dan Sate. Bahkan ketiga makanan itu telah masuk ke dalam World’s 50 Most Delicious Foods survey versi CNN tahun 2011. Bahkan sampai saat ini ketiga makanan tersebut masih menjadi primadona di Indonesia.

Rendang

Makanan khas Sumatera ini dulunya hanya boleh disajikan untuk kaum bangsawan, namun sekarang siapapun boleh menikmatinya. Dagingnya yang empuk dan bumbu rempah-rempah yang melapisi daging rendang memiliki kenikmatan tersendiri. Rendang menjadi posisi pertama dari World’s 50 Most Delicious Foods.

makanan indonesia

Rendang biasanya berasal dari daging sapi, kambing atau sapi yang dimasak sekitar 4 jam dan teknik memasak yang cukup rumit, tidak sembarang orang bisa membuat rendang yang lembut dan juga nikmat. Ditambah lagi takaran rempah-rempah yang harus sesuai sehingga bisa menambah cita rasa rendang. Rasanya yang gurih dan pedas, juga daging yang empuk paling nikmat dimakan bersama nasi hangat. Mudahnya, rendang bisa ditemukan di warung nasi padang, namun meskipun begitu setiap warung nasi padang memiliki cita rasa rendang yang berbeda.

Sate

Sesuatu yang menarik dari sate ini ialah bumbunya yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan lalu diairi, dan diberi kecap. Selain itu adapun tambahan acar dan bawang goreng sebagai penyedap. Sate diartikan sebagai makanan berasal dari daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk ke tusukan sate yang terbuat dari lidi. Daging yang dipakai bisa daging ayam, kambing dan hewan lainnya.

makanan indonesia

Kini sate sudah memiliki banyak varian. Namun, sate yang mampu memanjakan lidah hingga saat ini ialah sate Madura dan sate Maranggi. Setiap hidangan sate dari berbagai wilayah memiliki cita rasa yang berbeda. Seperti sate padang, sate lilit, sate klatak, sate buntel, sate kelinci dan masih banyak varian sate lainnya yang harus dicoba.

Nasi Goreng

Nasi Goreng memang sudah terkenal diseluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Cara pembuatannya yang mudah dan bahan baku yang juga mudah, membuat nasi goreng sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang. Namun, mengapa nasi goreng asal Indonesia memiliki urutan ke dua setelah rendang di World’s 50 Most Delicious Foods survey CNN?

makanan indonesia

Alasannya karena rempah-rempah asal Indonesia yang memang sangat mendunia. Masyarakat luar negeri tidak bisa sembarangan mencampur bumbu nasi goreng yang berasal dari rempah-rempah karena hasilnya yang akan mengkhawatirkan atau tidak enak. Oleh karenanya nasi goreng buatan masyarakat Indonesia sangat diminati oleh manca negara, karena rasanya yang berbeda dari nasi goreng luar negeri. Itulah mengapa nasi goreng khas Indonesia memiliki warna yang lebih cokelat dari nasi goreng luar negeri karena berasal dari rempah-rempah alami yang dicampur oleh nasi putih.

Sebenarnya ada banyak makanan khas Indonesia yang juga mendunia atau dikenal oleh masyarakat luar negeri. Namun, ketiga makanan di atas menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia yang juga menjadi favorit orang luar negeri. Tak heran jika turis asal manca negara yang datang ke Indonesia mencari rendang, sate atau nasi goreng. Bahkan sudah ada beberapa artis luar negeri yang sudah mencicipi ketiga makanan tersebut.

Add Comment

Loading...