5 Pilihan Kuliner Unik Saat Sedang Berkunjung ke Belitung

Film Laskar Pelangi adalah salah satu film terkenal yang merupakan adaptasi dari novel karangan Andrea Hirata dengan judul yang sama. Latar belakang keindahan alam Belitung yang menjadi setting film ini ternyata menarik minat banyak pecinta jalan-jalan untuk berkunjung ke  Pulau Belitung. Selain tempat wisata, Belitung juga terkenal dengan kuliner uniknya yang menggugah selera. Kali ini, Momotrip akan berbagi informasi tentang beberapa kuliner unik khas Belitung.

  1. Tidak lengkap rasanya jika kamu ke Belitung tanpa mencicipi Kopi Khas Belitung
 kopi manggar

Kota Manggar, Belitung dikenal sebagai “kota 1001 warung kopi”. Katanya, warung kopi merupakan tempat pertama datangnya berita sebelum menyebar ke masyarakat luas. Kopi Belitung memiliki aroma yang khas dan rasa yang cukup keras. Kopi Belitung dibuat secara tradisional yaitu diseduh tanpa menggunakan mesin kopi. Air untuk seduhan kopi dimasak diatas tungku arang sehingga rasanya agak sepat tapi tetap enak. Selain kopi hitam khas Belitung, menu istimewa lainnya yang bisa kamu coba di warung kopi adalah Telur Setengah Matang yang disajikan dengan taburan garam dan lada. Sederhana tapi rasanya pasti tidak akan terlupa.

 

  1. Mie Belitung adalah makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi

mie belitungKeistimewaan dari Mie Belitung adalah aroma dan rasa kuahnya yang sangat gurih. Mie Belitung biasanya diberi taburan taoge, potongan timun, kentang rebus, emping melinjo dan terakhir disiram kuah udang yang kental sehingga terasa begitu gurih. Rahasia yang membuat makanan ini semakin nikmat adalah tambahan cabe rawit tumbuk khas Belitong yang harum. Minuman pendamping Mie Belitung adalah Es Jeruk Kunci yang sangat segar.

 

  1. Berego bisa kamu temukan di kedai-kedai makan yang ada di pinggir jalan wilayah Belitung

beregoKuliner khas Belitung yang disebut berego ini sekilas jika dilihat bentuknya seperti lontong yang disiram kuah sayur. Meski sama-sama berwarna putih, berego terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sagu. Berego juga mirip seperti mie pipih agak besar yang dililitkan tetapi adonan berego ditambahkan dengan ikan yang dihaluskan. Dalam penyajiannya, kuliner yang memiliki tekstur kenyal ketika dimakan ini dicampur dengan kuah kari ikan bertabur bawang goreng yang membuat rasa berego menjadi gurih dan nikmat.

 

  1. Ikan tenggiri tidak hanya enak diolah menjadi siomay, namun juga Sup Gangan

sup gangan Di Pulau Belitung, ikan tengiri biasanya disajikan dalam bentuk sup yang disebut gangan. Gangan memiliki kuah berwarna kuning cerah dan memiliki cita rasa gurih serta asam. Untuk bumbunya, sup ini menggunakan campuran kunyit, bawang merah, lengkuas, dan cabai. Sementara itu, rasa asam dari gangan berasal dari irisan nanas yang dimasukkan ke dalam masakan tersebut. Daging ikan yang gurih ditemani sepiring nasi panas  menjadi sajian yang pas dan tidak akan bisa kamu tolak.

 

  1. Suto Belitung ini rasanya juara!

suto belitung Selain menawarkan sajian mie dengan kuah udangnya yang oke punya, Belitung juga memiliki menu lain yang tak kalah lezat, yaitu suto Belitung. Suto Belitung mungkin kalau di Jawa hampir mirip dengan lontong sayur. Meski begitu, rasa dari kuah menu tersebut sangat berbeda dengan lontong sayur. Makanan ini disajikan dengan beberapa iris lontong, bihun, irisan daging dan kerupuk melinjo. Kuahnya lebih mirip kuah Mie Belitung, agak kental. Kuah tersebut terbuat dari rebusan kari iga sapi dicampur santan kelapa dan sedikit irisan daging yang berlemak tetapi menggoda.

Penasaran mau coba? Kamu bisa langsung merencanakan liburan kamu ke Belitung dari sekarang. Selamat berlibur!! (source : berbagai sumber). – inds

Add Comment

Loading...