‘Surga Kecil’ Di Flores Itu Bernama Pulau Kanawa

Labuan Bajo kini menjadi destinasi unggulan bagi Indonesia. Lingkungannya yang ramah dan sejuk sangat menjanjikan bagi traveler untuk singgah di tempat ini. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Taman Nasional Komodo, di taman nasional ini wisatawan bisa melihat secara langsung hewan Komodo atau juga disebut sebagai Kadal terbesar di dunia.

kanawa

Selain datarannya yang menjanjikan, di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) ini juga menyajikan bentangan air laut yang sangat luas. Ada beberapa pulau yang bisa Momopal kunjungi, salah satu yang menjadi idola ialah Pulau Kanawa. Sekilas namanya hampir sama dengan pulau yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Pulau Kenewa, namun ternyata memang berbeda, jangan sampai tertukar.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di dermaga Pulau Kanawa ini, akan terlihat laut biru yang bening sebening kaca. Bahkan dari atas dermaga bisa melihat ikan-ikan kecil berenang seakan menyambut wisatawan yang datang, selain itu hamparan terumbu karang yang seakan mengajak wisatawan untuk berenang.

kanawa

Terlihat seperti pulau pribadi, di Pulau Kanawa yang memiliki luas 32 hektar ini benar-benar menyajikan pemandangan alam yang sangat menawan. Pasir putih yang sangat putih dan halus, air laut yang sangat bening, dan bukit kecil dengan rerumputan berwarna cokelat membuat siapapun yang melihatnya akan sangat jatuh cinta. Keindahan lautan yang biru, pasirnya yang putih, dan terumbu karang yang indah, membuat Pulau Kanawa sering dijuluki sebagai ‘surga kecil’.

Snorkeling di Pulau Kanawa adalah pilihan yang paling tepat, namun jika Momopal memiliki izin diving maka jangan lewatkan kesempatan itu. Karena pemandangan bawah laut di Flores ini sungguh sangat memikat. Ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi para ikan juga indah dipandang. Tidak heran jika banyak turis asing yang banyak datang ke Pulau Kanawa ini.

kanawa

kanawa

Selain bermain dengan air, aktivitas lain yang bisa Momopal lakukan ialah trekking ke bukit kecil. Dari atas sanalah akan terlihat dengan jelas Pulau Kanawa yang begitu indah. Selain itu akan ada banyak spot photo yang ditemukan di atas bukit tersebut. Meskipun trekkingnya cukup sulit, namun akan terbayar jika sudah sampai atas bukit. Puncak bukit ini juga menjadi tempat favorit wisatawan yang datang untuk menikmati sunset.

Selain bungalaw, Momopal juga bisa menghabiskan malam dengan menyewa tenda di Pulau Kanawa ini. Ketika malam tiba cobalah lihat langitnya yang dipenuhi dengan ribuan bintang penuh cahaya. Karena aliran listrik di pulau ini hanya ada dimulai pukul 6 sore sampai jam 11 malam, maka jika lewat dari jam 11 malam seisi pulau hanya akan diterangi dari cahaya bintang. Indah dan romantis.

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...