Eksotis Ujung Barat Pulau Jawa

sangiang

Siapa sangka ternyata di ujung barat Pulau jawa terdapat sebuah pulau tersembunyi yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pulau Sangiang merupakan wilayah konservasi dan cagar alam yang sekarang menjadi sebuah tempat wisata. Cagar alam yang satu ini memiliki lingkungan pulau yang masih hijau alami dengan hutan tropis, pantai berpasir putih dengan airnya yang biru dan tenang seakan akan membawa Momopal dalam kedamaian. Pulau Sangiang sendiri bukanlah sebuah tempat wisata yang penuh dengan fasilitas, namun minimnya fasilitas yang ada disini menjadi daya tarik pulau ini.

sangiang

Terletak di Selat Sunda, Pulau Sangiang memiliki luas kurang kebih 700 ha dan dijuluki Seven Wonders of Banten. Dari kejauhan pulau ini memang tampak sepi sekali, begitupun ketika sampai di dalamnya. Pulau ini memang hanya dihuni sekitar 50 kepala keluarga atau hanya satu rukun tetangga. Dan itupun bertempat tinggal berpencar diberbagai belahan pulau. Hanya ada sekitar 7-8 rumah yang memusat di Kampung Sangiang dengan dermaganya yang sederhana.

sangiang

Pulau Sangiang sendiri merupakan perpaduan antara wisata alam, wisata bahari, dan wisata budaya. Wisata alam yang dapat Mompal lakukan antara lain menelusuri lintas alam, mendaki gunung, memotret, bersepeda hingga berkemah. Sedangkan untuk wisata bahari, Momopal dapat melakukan diving dan snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

sangiang

Diving di Pulau Sangiang akan membuat Momopal terkejut dengan keindahan biota laut yang tidak disangka terdapat disini. Momopal akan menemukan beragam ikan ikan cantik seperti ikan badut atau lebih dikenal dengan sebutan ikan nemo yang selalu menanti kehadiran Momopal untuk berenang bersama. Momopal juga dapat memancing dan berjemur di Pulau Sangiang.

Jika Momopal tak ingin melakukan kedua aktivitas tersebut, Pulau Sangiang juga menawarkan wisata bahari yakni Momopal dapat menikmati sisa-sisa perang dunia kedua benteng bekas pertahanan Jepang. Lokasi peninggalan sejarah ini letaknya di sekitar Pos TNI Angkatan laut.

sangiang

Banyak wisata yang dapat Momopal lakukan disini. Pantai-pantai yang terdapat di Pulau Sangiang juga tak kalah indahnya. Hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau ini ditambah jernihnya air laut membuat siapapun yang berkunjung kesini ingin berlama-lama disini. Pulau Sangiang terhitung masih tersembunyi dan jarang yang tau tempat wisata ini. Jadi bila Momopal berencana untuk menginap di Pulau ini jangan lupa bawa tenda ya, karena pulau ini belum ada fasilitas penginapan.

Source Image: google.com

Add Comment

Loading...