Tunda’s Project – #JADINSPIRASI

Untuk memperingati hari sumpah pemuda, kami dari Momotrip.co.id bekerja sama dengan kita bisa ingin terus menggali potensi wisata dan keistimewaan Pulau Tunda yang belum banyak terjamah. Mari bantu kami menebar senyum di Pulau Tunda, merangkai kembali cerita indah tentang pariwisata Indonesia bebas sampah.

pulau tunda
Pulau Tunda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Pulau Tunda menyimpan pesona keindahan pantai dan ekosistem bawah laut seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang luar biasa. Perairan Pulau Tunda juga merupakan salah satu lintasan lumba-lumba sehingga Pulau ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan pariwisata dengan jarak tempuh yang cukup dekat dari Jabodetabek.

Kawasan Yang Tercemar

pulau tunda

Sayangnya, Pulau Tunda masih diselimuti oleh permasalahan di sektor lingkungan yang harus kita carikan solusi. Sampah kiriman dari Pulau sekitar yang menumpuk di pinggiran pantai mengurangi keindahan Pulau Tunda. Dalam jangka waktu yang panjang, hal ini dapat mengakibatkan pencemaran laut atau bahkan mengakibatkan turunnya produktivitas ikan sampai masalah kesehataan masyarakat lokal dan wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Tunda. Permasalahan tersebut tentunya sangat berimplikasi pada sektor pariwisata.

Kawasan Yang Tercemar

pulau tunda

pulau tunda

Kami dari Momotrip.co.id ingin bergandengan tangan dengan anda semua untuk menangani masalah sampah di Pulau Tunda sekaligus memastikan pulau ini bebas sampah plastik dan sampah pariwisata lainnya dengan mengadakan kegiatan yang berjudul “TUNDA’S PROJECT” dan akan diselenggarakan pada bulan Desember 2016. Dalam kegiatan ini, upaya pertama adalah pembersihan pantai dari sampah organik maupun anorganik. Selain itu, akan ada pengadaan Incinerator dan tong-tong sampah untuk membantu penyediaan fasilitas kebersihan di Pulau Tunda serta penanaman bibit mangrove yang bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan Pulau.

Incinerator adalah salah satu alat penghancur sampah dengan melakukan pembakaran pada suhu tinggi dan keluaran emisi yang dihasilkan aman bagi lingkungan. Kami berharap dengan adanya alat Incinerator dapat meminimalisir jumlah timbunan sampah di Pulau Tunda. Pemanfaatan dan pengelolaan alat setelah kegiatan ini menjadi tanggung jawab bersama dan dikelola oleh pengelola pantai dan instansi terkait. Sehingga, harapan dari kegiatan ini adalah terciptanya kawasan pantai bersih yang terintegrasi dengan pengelolaan sampah yang baik.

Incinerator kapasitas 100 Kg/Jam

Lubang Pembuangan Sampah Saat Ini

Momotrip.co.id adalah situs market place pertama yang menyediakan wadah untuk masyarakat lokal dalam menawarkan jasa wisata daerahnya. Kami hadir untuk meningkatkan kesadaran masyarakat lokal akan besarnya potensi pariwisata serta mendukung masyarakat lokal untuk berwirausaha dalam sektor pariwisata tersebut sehingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan taraf hidup.

Untuk meningkatkan potensi pariwisata Indonesia, kita harus mulai sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan wisata tersebut. Kami ingin maju dengan dukungan banyak orang untuk membawa isu ini menjadi isu kita bersama agar semua paham dan peduli lingkungan disekitar kita.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini tidak hanya sebagai pelestarian alam dan kepedulian saja, akan tetapi semangat gotong royong, dan rasa saling memiliki serta kebermanfaatan kita bersama dapat tumbuh.

Masyarakat Lokal Pulau Tunda

masyarakat pulau tunda

masyarakat pulau tunda

Rencana Penggunaan Dana

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembiayaan kegiatan antara lain, kegiatan bersih-bersih akses pulau, pantai, lubang pembuangan, dan dermaga, penempatan tong sampah, pengadaan Incinerator serta penanaman bibit mangrove. Selain itu dana yang terkumpul juga digunakan untuk sarana dan prasarana pendukung termasuk akomodasi dan keperluan logistik selama berlangsungnya kegiatan.

Rencana kegiatan pada tanggal 12 Desember 2016

Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana akan dirilis di journal.momotrip.co.id dan semua social media momotrip.co.id paling lambat tanggal 6 Januari 2017.

One Response

  1. Nuphita 3 years ago

Add Comment

Loading...