5 Objek Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Indonesia

Musim liburan telah tiba! Ini adalah saat yang tepat untuk memanjakan diri Anda bersama dengan keluarga, teman, dan orang tercinta dengan berlibur di destinasi yang tidak akan terlupakan.

Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang paling digemari oleh banyak wisatawan. Kali ini, Momotrip memiliki lima rekomendasi wisata pantai yang indah di Indonesia yang bisa dikunjungi sebagai destinasi berlibur.

1. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah gugusan pulau yang berada di kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya dan air lautnya yang jernih dan tenang.

Bagi yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat mencapai Kepulauan Derawan melalui penerbangan Jakarta – Berau, kemudian melanjutkan perjalanan dari bandara Berau menuju ke tempat penyebrangan menggunakan kendaraan darat. Sesampainya di tempat penyeberangan, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Derawan menggunakan speed boat selama kurang lebih 40 menit. Selama perjalanan, bukan tidak mungkin Anda akan menjumpai ikan-ikan kecil yang berenang di permukaan air laut yang tenang. Pemandangan ini terasa seperti atraksi pembuka dari betapa indahnya Kepulauan Derawan ini.

Dari banyak pulau yang ada di wilayah ini, terdapat satu pulau yang paling terkenal, yaitu Pulau Derawan. Pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa, dan didukung dengan fasilitas yang lengkap bagi para wisatawan. Putihnya pasir di pesisir pantai Pulau Derawan ditambah dengan desiran ombak yang tenang membuat tempat ini cocok sebagai destinasi liburan untuk lari dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Di pesisir pantai ini, Anda juga akan menjumpai banyak gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat dari perjalanan Anda menyusuri indahnya pantai di timur Kalimantan ini.

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah kota nelayan yang terletak di pesisir barat Nusa Tenggara Timur. Selain wisata pantainya yang indah, Anda juga dapat menemukan beberapa air terjun dan jalur pendakian. Labuan Bajo juga terletak berseberangan dengan Taman Nasional Komodo, tempat dimana Anda bisa menjumpai Komodo yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia.

Anda dapat dengan mudah mencapai Labuan Bajo menggunakan jalur udara tujuan Labuan Bajo. Jarak dari bandara ke pesisir pantai Labuan Bajo pun hanya berjarak sekitar 5 kilometer saja. Tidak perlu khawatir soal transportasi di sini karena banyak ojek dan bemo yang berlalu lalang. Selain itu, Anda juga dapat menyewa sepeda motor harian untuk menjelajah Labuan Bajo dengan lebih leluasa.

Anda dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan di pantainya. Labuan Bajo menjadi tempat yang cocok untuk diving dan snorkeling karena air lautnya yang sangat jernih. Selain itu, Anda juga dapat mencoba kemampuan Anda dalam mendayung kayak sambil menikmati indahnya alam liar yang menjadi habitat dari Komodo.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu pulau dari kepulauan Gili yang berada di tengah-tengah laut Bali dan sebelah barat laut pulau Lombok. Anda dapat dengan mudah mencapai pulau ini menggunakan transportasi laut dari Lombok atau Bali. Karena berada di tengah-tengah laut, Gili Trawangan tentu saja menjadi destinasi favorit bagi yang ingin pergi dari kebisingan sehari-hari.

Pulau Gili Trawangan adalah pulau kecil dengan keindahan yang luar biasa. Memiliki panjang sejauh 2 kilometer dan lebar 1,5 kilometer, Anda dapat dengan mudah menyusuri pesisir pantai putih Gili Trawangan dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda. Apabila ingin sesuatu yang unik, Anda dapat menaiki cidomo (delman) yang siap mengantar para wisatawan mengelilingi indahnya pulau ini.

Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving di sini. Gili Trawangan terkenal dengan banyaknya lokasi snorkeling dan diving yang memiliki tingkat kesulitan dan keunikannya sendiri. Ketika menyelam, Anda dapat menjumpai satwa langka Penyu Hijau yang biasanya berada di kedalaman 10 hingga 20 meter di bawah permukaan laut.

4. Pantai Padang-Padang

Jika Anda pernah menonton film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Roberts, pasti tidak asing lagi dengan pantai ini. Pantai Padang-Padang ini merupakan salah satu lokasi syuting film Hollywood tersebut. Pantai ini terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Bali. Pantai ini menawarkan pasir putih, bukit karang yang terjal, desiran ombak yang tenang, dan pemandangan tak terlupakan ketika menyaksikan matahari terbenam.

Meskipun ombak di tepian pantai tergolong tenang, namun Anda akan menjumpai wisatawan lokal dan mancanegara yang berselancar di lokasi ini karena memiliki ombak yang besar dan panjang di tengah-tengah laut. Udara pantai yang hangat dan sejuk, langit biru yang cerah, dan air laut yang jernih kehijauan membuat tempat ini destinasi tepat bagi yang ingin mencari suasana berbeda di Bali.

5. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai terindah di Belitung. Pantai ini terkenal berkat film Laskar Pelangi yang sebagian besar filmnya mengambil latar tempat di sini. Pantai ini terletak 30 kilometer dari ibukota Kabupaten Belitung, Kota Tanjung Pandan.

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai sejauh 100 meter, batu-batu granit yang tersebar di sepanjang pantai, dan air laut jernih yang berwarna hijau kebiru-biruan menjadikan tempat ini menjadi destinasi liburan pantai favorit di barat Indonesia.

Selain menawarkan keindahan alam, Anda juga dapat menikmati beragam aktivitas air di Pantai Tanjung Tinggi. Anda dapat berenang, memancing, snorkeling, diving, hingga menyewa jet ski untuk menjelajah indahnya laut di kepulauan bangka-belitung.

Itulah lima rekomendasi wisata pantai Indonesia yang dapat Anda coba di musim liburan ini. Jangan lupa membawa sunblock agar kulit Anda tidak terbakar ketika berlibur di pantai.

Selamat berlibur!

Add Comment

Loading...