Bermain Di Pulau Terpencil, Lanjukang

Pulau lanjukang

Kepulauan Spermonde di Sulawesi Selatan terdiri dari beberapa pulau yang menawarkan wisata bawah laut yang indah dengan kumpulan ikan hias dan terumbu karang. Nah, salah satu pulau yang perlu Momopal kunjungi di kepulauan ini adalah Pulau Lanjukang!

Pulau Lanjukang, sering pula disebut Pulau Lanjukang atau Pulau Lanccukang, adalah sebuah pulau kecil di ujung kota Makassar. Kondisi kecil dan terpencil membuat pulau ini belum mendapatkan aliran listrik, namun masyarakat memanfaatkan tenaga generator sebagai sumber listrik dari pukul 18.00 hingga 21.00. Jadi, untuk sampai di pulau ini, Momopal harus menyeberang dari Pelabuhan Paotere selama tiga jam.

Pulau lanjukang

Pulau lanjukang

Sampai di Pulau Lanjukang, Momopal bisa langsung snorkeling dan mengagumi keindahan bawah laut pulau ini. Ada dua pesisir pantai di pulau ini, yaitu pesisir pantai timur dengan kedalaman hingga lima meter dan pesisir pantai barat dengan kedalaman hanya satu meter. Momopal akan melihat beragam terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan kecil, seperti ikan badut.

ikan badut lanjukang

Pulau Lanjukang

Setelah snorkeling, Momopal bisa berkenalan dengan penduduk di dalam pulau ini. Hanya ada sekitar 50 orang yang tinggal di Pulau Lanjukang dan memiliki ciri-ciri fisik yang khas, yaitu tinggi badannya di bawah rata-rata, punggungnya bungkuk, dan rambutnya jarang. Katanya, ciri-ciri fisik yang demikian merupakan akibat dari pernikahan saudara sekandung yang dilakukan para leluhurnya. Momopal tidak perlu mengindahkan ciri-ciri fisik itu karena penduduk di pulau ini sangat ramah dan senang mengobrol. Mereka juga tidak keberatan untuk berbagi makanan atau meminjamkan kamar mandi bagi para wisatawan yang berkunjung.

Momopal juga bisa menyaksikan matahari terbenam dan menikmati pemandangan Pulau Lanjukang dari atas mercusuar setinggi 20 meter di sisi sebelah barat. Setelahnya, Momopal bisa mempersiapkan tenda untuk bermalam di tepi pantai dan makanan untuk makan malam. Momopal juga perlu membawa alat penerangan, seperti headlamp dan senter, karena pulau ini akan gelap gulita di malam hari.

Pulau Lanjukang yang masih terpencil ternyata menyimpan keindahan wisata bawah laut dan keunikan penduduknya. Jadi, yuk segera rencanakan liburan Momopal ke pulau ini bersama Momotrip!

Add Comment

Loading...