Liburan Sambil Menyambut Tahun Baru

Pergantian tahun tinggal menghitung hari lagi, sudah saatnya untuk merencanakan liburan dan membebaskan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari. Nah, kali ini Momotrip akan membantu kamu memilih tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan malam pergantian tahun dan liburan tahun baru!

Mengikuti Upacara Adat Reba di Pulau Flores

Upacara Adat RebaUpacara Adat Reba adalah salah satu upacara adat yang diadakan di Kabupaten Ngada, Pulau Flores setiap bulan Desember atau awal tahun, bulan Januari atau Februari. Upacara ini merupakan simbol penyambutan tahun baru, penghormatan kepada para leluhur, dan pemersatu desa-desa kecil yang ada di Kabupaten Ngada. Selain itu, karena mayoritas masyarakat di Pulau Flores menganut agama Katolik, upacara ini memadukan adat dengan kebiasaan agama, yaitu diadakan misa di gereja sebelum upacara ini dimulai.

Yang tak boleh kamu lewatkan dari Upacara Adat Reba adalah atraksi tari-tarian, di mana sang penari akan menggenggam pedang panjang beserta tongkat dengan bulu kambing sebagai hiasannya. Atraksi ini akan diiringi dengan alat musik yang terbuat dari tempurung kelapa dan nyanyian berjudul O Uwi. Bersamaan dengan atraksi tari-tarian dan nyanyian, ubi yang merupakan makanan pokok masyarakat kabupaten ini akan dimakan bersama-sama sebagai bentuk pemujaan.

Menerbangkan Lampion di Candi Borobudur

menyalakan lampion

Di malam pergantian tahun nanti, kamu bisa ikut menerbangkan lampion di Candi Borobudur. Penerbangan lampion ini sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan karena telah melewati satu tahun ini dan harapan agar dapat menjalani tahun mendatang dengan lebih baik. Lampion sudah disediakan oleh pihak pengelola dan akan diterbangkan bersama-sama pada pukul 00.00 WIB.

Selain menerbangkan lampion, kamu juga bisa menikmati pentas musik dan kesenian, baik tradisional maupun kontemporer, dan berbagai kuliner menarik.

Berpesta di Gili Trawangan

Berpesta di Gili TrawanganGili Trawangan menyajikan pesta malam tahun baru yang meriah di setiap kafe, hotel, dan restoran yang mengelilingi pulau ini. Kamu bisa berdansa dan berjoget sambil diiringi musik yang tak akan berhenti sepanjang malam di pinggir pantai ditemani semilir angina laut yang bertiup dan pasir putih yang halus sebagai alasnya. Selain pesta sepanjang malam pergantian tahun, kamu juga bisa menikmati atraksi fire dance di Gili Trawangan. Atraksi ini dilakukan oleh penari profesional sehingga akan membuat para penonton terpukau dan melengkapi kesenangan merayakan malam pergantian tahun di pulau ini.

Setelah puas berpesta dan menonton atraksi fire dance, sebaiknya kamu jangan buru-buru tidur, tapi persiapkan diri dan kamera kamu untuk menangkap matahari pertama yang terbit di sisi timur Gili Trawangan di tahun yang baru nanti!

Menonton Pertunjukan Wayang Kulit di Taman Mini Indonesia Indah

Wayang KulitKalau kamu belum memiliki kesempatan untuk merencanakan liburan dan hanya bisa menikmati malam pergantian tahun baru di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyediakan alternatif hiburan untuk kamu, yaitu pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Pertunjukan ini dimulai pukul 20.00 WIB dan biasanya berakhir pada keesokan paginya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa pentas musik dan pesta kembang api untuk menandakan detik-detik pergantian tahun.

Setelah melewati tahun 2016, kamu bisa beristirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun baru. Jadi, jangan lupa rencanakan liburan kamu ke tempat-tempat yang Momotrip sebutkan di atas atau rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

source image : google.com

Add Comment

Loading...