Deretan Pantai Cantik Di Gunung Kidul Untuk Berkemah

Salah satu aktivitas outdoor yang bisa Momopal lakukan untuk mengisi waktu libur ialah berkemah. Dengan berkemah selain untuk merelaksasikan pikiran, juga untuk lebih menyatu dengan alam. Tempat terbaik untuk berkemah selain di atas gunung atau bukit adalah pantai. Mesikpun tidak berada di tempat ketinggian, namun pantai juga memiliki udara yang sejuk. Luasnya lautan dan lembutnya pasir pantai, sejenak bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Berlari-lari di pantai bisa membuat hati menjadi lebih bahagia.

Selain di Ibu Kota, ada beberapa tempat untuk berkemah (ngecamp) di daerah Jawa yang bagus cocok untuk menenangkan pikiran, salah satunya berada di kota pelajar, Yogyakarta. Tepatnya di daerah Gunung Kidul, ada beberapa pantai yang pantas Momopal jajaki untuk melihat bintang di malam hari.

Pantai Pok Tunggal

Pantai pertama yang bisa Momopal kunjungi adalah Pantai Pok Tunggal yang berada di Gunung Kidul. Meskipun terbilang sulit menemukan Pantai Pok Tunggal ini, namun tidak ada rasa kecewa ketika sudah melihat pemandangan pantainya. Suara deburan ombak terdengar jelas. Ketika weekend banyak sekali pengunjung yang datang, karena memang pantainya selalu ramai.

gunung kidul

Berkemah bersama teman-teman di Pantai Pok Tunggal bisa menjadi pilihan yang sangat baik, karena sunsetnya yang indah. Selain itu ada beberapa pepohonan yang tumbuh di atas pasirnya yang putih. Selain berfungsi untuk ‘ngadem’ bisa juga untuk dijadikan sebagai spot foto. Kalau Momopal tidak bawa tenda, di tempat ini juga menyewakan tenda dengan kapasitas dua orang dan ada juga tempat penyewaan matras, kemah akan terasa lebih nyaman.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput seharusnya menjadi pantai ke dua yang Momopal harus kunjungi. Hanya berjarak sekitar 700-900 meter dari pantai Drini, Pantai Ngrumput sangat cocok dijadikan tempat berkemah, hal itu karena tempatnya yang datar dan juga cukup luas. Kadang ada beberapa organisasi mahasiswa dari Yogya yang mengadakan acara kemah di pantai ini.

gunung kidul

Jika ingin melihat keindahan pantai dari ketinggian, Momopal bisa sedikit trekking ke puncak Bukit Kosakora. Dari atas bukit dapat terlihat dua pantai sekaligus, yaitu Pantai Ngrumput dan juga Pantai Drini. Dua pantai yang sama-sama indah. Di Pantai Ngrumput juga bisa ditemukan tebing yang tinggi, lorong goa dan karang bolong yang menjadi magnet wisatawan untuk datang ke tempat ini. Siapkan kamera dan waktu Momopal untuk berkemah di Pantai Ngrumput.

Pantai Wohkudu

Pantai yang unik di Yogya selalu menjadi incaran wisatawan untuk melihat keindahannya, salah satunya ialah Pantai Wohkudu. Ada dua tebing yang menghimpit pantai ini, selain itu juga ada padang rumput yang luas. Ada laut ada padang rumput, tempat yang pas untuk berofoto ria.

gunung kidul

Untuk urusan kemah, Pantai Wohkudu memang juara. Tebing-tebing yang tinggi dapat melindungi tenda kamu dari hujan, sehingga aman jika ingin berkemah namun musim hujan. Bahkan Momopal dapat menyalakan api unggun dibawah tebing bukit yang membuat layaknya kamu seperti sedang kemah di dalam goa. Pantai Wohkudu ini termasuk pantai yang memiliki banyak pepohonan, jadi tidak heran jika udaranya sangat sejuk terutama ketika pagi hari.

Pantai Sadranan

Kalau Momopal mencari pantai yang fasilitasnya lengkap untuk berkemah, Pantai Sadranan menjadi pilihan yang sangat tepat. Tidak hanya tenda yang siap untuk disewakan, tetapi juga ada perlengkapan api unggun seperti kayu bakar, korek api, minyak tanah yang siap untuk digunakan. Jadi tidak perlu repot membawa banyak barang untuk berkemah.

gunung kidul

Nah, kalau Momopal tidak ingin berkemah ada pendopo atau gubuk kecil yang disediakan untuk disewakan di tepi pantai. Selain itu jika airnya sedang pasang Momopal bisa menikmati pemandangan lautnya dengan snorkeling, aktivitas yang menyenangkan akan Momopal temukan di Pantai Sadranan.

Source Image: Google.com        

Add Comment

Loading...