Menelusuri Peninggalan Bersejarah sambil Berlibur di Pulau Morotai

morotai

Pulau Morotai seperti surga tersembunyi di Maluku Utara. Keindahan pulau ini sangatlah indah terlihat dari hamparan pasir putih yang halus serta jernihnya air laut yang membuat Momopal ingin berlama-lama di pulau ini. Banyak yang mengatakan bahwa Morotai adalah “Surga di Timur Indonesia”.

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau yang terletak di ujung Utara Indonesia. Pulau Morotai berada di kepulauan Halmahera dan bagian dari provinsi Maluku Utara. Tidak hanya memiliki keindahan bahari, Pulau Morotai juga menjadi saksi perang dunia ke II.

morotai

morotai

Pulau yang terletak di ujung Utara Indonesia ini merupakan salah satu destinasi wisata untuk melihat sisa-sisa perang dunia ke-II. Menurut penduduk lokal setempat, pada tahun 1944-1945 tempat ini merupakan basis militer Jepang untuk menguasai Indonesia, Filiphina, dan sebagian Malaysia. Apabila Momopal berkunjung ke pulau ini, maka Momopal dapat melihat langsung sisa sisa perang dunia ke II seperti altileri, bangkai kapal perang, landasan pacu dan bunker.

morotai

Peninggalan sejarah dari Jepang yang paling terkenal adalah bangkai pesawat Bristol Beuford yang tenggelam di kedalaman 40 meter, di lautan sebelah selatan Morotai. Adanya bangkai pesawat ini mengantarkan Momopal ke 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. 

morotai

Pulau Morotai memiliki beberapa Taman Laut yang dapat dikunjungi oleh Momopal, seperti Pulau Sumsum yang lebih dikenal dengan sebutan Mac. Arthur Island, Ngelengele yang terkenal dengan pembudidayaan ikan dan mutiara, Koloroi, Pulau Dodoal yang terkenal karena keindahannya sehingga dijuluki sebagai mutiara di bibir pasifik, Pulau Rao dan Lungu Lungu.

morotai

Pulau-pulau kecil yang terdapat di Morotai tidak hanya menyimpan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan hias, berkunjung ke pulau ini Momopal akan menemukan lempengan-lempengan besi yang tersebar di pasir putihnya. Ini menandakan bahwa pulau-pulau kecil juga menjadi saksi bisu ketika perang dunia kedua terjadi di Pulau Morotai.

Banyak sekali keindahan yang masih tersimpan di Pulau Morotai. Tidak hanya belajar sejarah, Momopal juga akan menikmati keindahan bawah laut yang sangat indah yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Momopal bersama dengan Momotrip

Source Image: Google.com

Add Comment

Loading...