Menjemput Nirvana Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Berlokasi di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Bukit Punthuk Setumbu merupakan tempat berburu bagi para pecinta sunrise. Bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit yang berlatarkan Gunung Merbabu, Merapi, dan Candi Borobudur. Dengan pemandangan yang menakjubkan tersebut, tak heran bila bukit yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut ini menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Punthuk Setumbu

Bila Momopal hendak melihat matahari terbit di Bukit Punthuk Setumbu, Momopal harus tiba di puncaknya sebelum pukul 05.00 pagi. Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu pastinya bukan lah hal yang sulit bagi Momopal yang sering melakukan trekking, sebab hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan melalui medan menanjak yang nyaman untuk didaki. Puncak bukit ini adalah pelataran yang cukup luas, diujungnya ditanami pagar pembatas, dan terdapat beberapa gazebo untuk duduk sembari menikmati pesona matahari terbit.

Punthuk Setumbu
Sekitar pukul 5.20 pagi, bola oranye indah itu perlahan mulai meninggi. Sinarnya yang bermandikan kabut pagi mulai memperlihatkan pemandangan menakjubkan yang ada di sekitarnya. Di antara kemegahan tersebut, Momopal akan melihat suatu tempat yang unik, yaitu Gereja Ayam. Bangunan ini memiliki jambul, paruh, dan ekor yang didesain seperti ayam. Meskipun sering dijuluki sebagai Gereja Ayam, tempat ini sebenarnya dibuat menyerupai burung merpati oleh pembuatnya, yaitu Daniel Alamsjah, sebagai simbol sebuah pesan dari Tuhan. Dulunya bangunan ini digunakan sebagai tempat berdoa oleh agama apapun, namun sekarang sudah tidak ditempati. 

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Waktu yang paling tepat bila Momopal ingin berkunjung ke Bukit Punthuk Setumbu adalah saat musim kemarau, sekitar bulan Juli sampai Agustus. Sebab, jika ingin melihat pemandangan berbagai gunung dan megahnya Candi Borodur, harus lah ketika langit sedang cerah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Momopal ke Bukit Punthuk Setumbu bersama Momotrip!

Source Image: google.com

Add Comment

Loading...