Pulau Tidung, Saksi Cinta yang Abadi

Pulau Tidung terletak di Kecamatan Pulau Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini memiliki luas 109 hektar dan dihuni oleh kurang lebih 5000 jiwa. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau yang berpenghuni dan memiliki banyak kegiatan wisata adalah Pulau Tidung Besar. Sementara, Pulau Tidung Kecil merupakan area konservasi tumbuhan mangrove. Di dalamnya juga terdapat makam bagi penduduk asli Pulau Tidung, Sehingga tidak terdapat kegiatan wisata di pulau tersebut, Momopal hanya dapat mengitari pulau tersebut dengan bersepeda.

pulau tidung

Jika Momopal ingin penasaran dan ingin mengitari Pulau Tidung Kecil, Momopal harus melewati Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Kecil. Jembatan ini memiliki bentuk yang lurus dan di tengah-tengahnya terdapat lengkungan ke atas. Ketika berada di tengah jembatan ini, Momopal dapat melihat dengan jelas biru dan jernihnya air laut. Momopal akan disambut dengan pemandangan pasir putih yang menyejukkan hati. Terkadang, Momopal juga dapat melihat anak-anak asli Pulau Tidung melakukan atraksi loncat indah dari jembatan ini.

pulau tidung

Jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa mitos yang dipercaya oleh warga setempat tentang jembatan ini. Salah satu mitos tersebut adalah barang siapa yang melewati jembatan ini bersama kekasihnya, akan membuat hubungan mereka langgeng. Namun, hal itu dapat terjadi dengan satu syarat. Salah satu pasangan tidak boleh menengok kebelakang, jika iya, hubungan mereka akan terancam putus. Jadi, sepasang kekasih yang melewati jembatan ini haruslah tetap berjalan lurus ke depan, tidak boleh menengok ke belakang.

Sayang rasanya bila Momopal tidak melakukan snorkeling di Pulau Tidung. Jernihnya air laut di pulau ini, sampai-sampai membuat berbagai terumbu karang dapat terlihat dengan jelas dari permukaan. Ketika Momopal memutuskan untuk terjun ke dalam air, Momopal pasti akan langsung disambut keindahan biota bawah air. Jika sudah berenang bersama puluhan cardinal fish, pastinya momopal akan merasa betah di dalam air dan lupa waktu.

pulau tidung

Setelah puas bermain dengan ikan-ikan, Momopal dapat kembali ke daratan untuk menikmati sunset. Di pulau ini terdapat beberapa spot sunset yang sangat indah, salah satunya di Jembatan Cinta yang tadi sudah kita bahas. Momopal dapat menunggu momen-momen tersebut yang menakjubkan bersama dengan kekasih, sahabat, atau keluarga tercinta. Detik demi detik bergulir bulatan bola emas itu kian menyelam ke dasar lautan, biasan cahayanya membuat langit sekidar menjadi merah padam. Sungguh pemandangan yang tak ada duanya.

pulau tidung

Pulau tidung dengan segala keindahan alam dan mitos-mitos yang ada di dalamnya, tentunya akan menambah pengalaman hidup Momopal menjadi semakin beragam. Jadi, ayo segera rencanakan liburan Momopal ke Pulau Tidung bersama dengan Momotrip!

 

Source image: google.com

Add Comment

Loading...