5 Rekomendasi Wisata Gunung Indonesia Yang Indah

Meskipun berbentuk kepulauan dan memiliki banyak objek wisata laut, Indonesia juga memiliki banyak objek wisata gunung yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Memang, jika dibandingkan dengan wisata laut, mendaki gunung memerlukan persiapan dan upaya yang lebih matang. Tapi, ketika kamu bisa melihat keindahan alam yang tidak bisa dilukiskan di puncak gunung-gunung tersebut, semua upaya yang kamu lakukan dijamin akan setimpal.

Berikut adalah lima rekomendasi objek wisata gunung di Indonesia.

Gunung Rinjani

rinjani

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang sering menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung ini memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (dpl) dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Artinya, Kamu perlu melakukan persiapan dan upaya yang cukup besar untuk mendakinya.

Di puncak gunung Rinjani terdapat kawah dengan lebar 10 kilometer. Dan di kawah tersebut terdapat danau Segara Anak yang memiliki kedalaman 230 meter yang memiliki warna air yang membiru bagaikan anak laut. Keindahan yang bisa Kamu nikmati di puncak gunung ini dijamin bisa membuat semua persiapan dan upaya Kamu setimpal.

Gunung Kelimutu
kelimutu

Gunung Kelimutu yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini bisa dibilang gunung yang menawarkan imbalan yang sangat besar untuk upaya yang diperlukan untuk mendakinya. Pasalnya, gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.639 meter dpl, tidak begitu tinggi dibandingkan gunung lainnya.

Meskipun demikian, apa yang menunggu di puncaknya sangatlah unik dan tentunya indah. Di puncak Gunung Kelimutu terdapat tiga buah danau kawah yang masing-masing memiliki tiga warna yang berbeda: biru, merah, dan putih. Uniknya, warna pada danau ini berubah seiring waktu berdasarkan aktivitas gunung berapi. Keindahan alam yang unik ini tentu tidak bisa dilewatkan.

Gunung Tambora

tambora

Gunung Tambora berada di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan memiliki ketinggian 2.850 meter dpl. Gunung ini dijuluki sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia. Ya, kawah gunung ini memiliki lebar 7 kilometer, keliling 18 kilometer, dan kedalaman 800 meter.

Tidak hanya itu, di sepanjang bibir kawah gunung Tambora juga terdapat padang pasir yang sangat luas yang ditumbuhi bunga edelweis. Ada juga batu-batuan berlapis yang indah serta unik karena memiliki permukaan atas yang datar seperti meja. Jadi, di gunung ini, Kamu bisa melihat keindahan laut, kawah, dan juga padang pasir sekaligus.

Gunung Bromo

bromo

Gunung bromo merupakan gunung berapi yang berlokasi di Jawa Timur. Gunung yang menjadi salah satu objek wisata utama di Jawa Timur ini memiliki tinggi 2.392 meter dpl.

Keindahan utama dari Gunung Bromo adalah hamparan lautan pasir seluas 10 kilometer yang bisa Kamu lihat dari puncak gunung ini. Hamparan pasir tersebut, ditambah dengan latar belakang pegunungan, dan pemkamungan terbitnya matahari merupakan momen yang sangat indah.

Gunung Semeru

semeru

Gunung Semeru merupakan gunung berapi kerucut yang juga terletak di Jawa Timur. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian 3.676 meter dpl. Jadi, jika Kamu ingin mendaki gunung ini, sebaiknya lakukan persiapan yang matang.

Di Gunung Semeru terdapat banyak titik yang menyimpan keindahan tersendiri. Di antaranya, pada ketinggian 2.400 meter dpl, Kamu akan melihat Ranu Kumbolo yang merupakan danau yang sangat indah, terutama jika dilihat di pagi hari. Setelah itu, Kamu akan menemui Oro Oro Ombo yang berupa hamparan padang rumput dan lavender. Kemudian di ketinggian 2.700 meter dpl ada juga Kalimati yang merupakan bekas sungai aliran lahar yang sudah mati. Terakhir, di puncaknya atau disebut juga sebagai puncak Mahameru, Kamu akan menikmati lautan awan yang tiada duanya.

Buruan ajak teman kamu untuk liburan bersama Momotrip!

Add Comment

Loading...