Ada 5 Tempat Melihat Keindahan Milky Way di Tanah Jawa

Keindahan alam semesta di muka bumi ini memang sangat luar biasa. Ada saja alasan untuk melihat fenomena-fenomana alam yang terbentuk secara alami. Salah satunya ialah fenomena alam Milky Way. Momopal ada yang tahu Milky Way itu apa? Kalau belum momotrip akan jelaskan sedikit nih mengenai Milky Way.

Dalam bahasa Indonesia Milky Way memiliki arti Bima Sakti. Milky Way ini merupakan galaksi spiral yang memiliki 200 – 400 miliyar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya. Di dalam galaksi Milky Way atau galaksi Bima Sakti inilah terdapat sistem Tata Surya, yang juga di dalamnya terdapat planet bumi. Galaksi Bima Sakti ini terlihat seperti pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit.

Momopal berniat ingin melihat fenomena alam Milky Way? Jika ya, jangan harap momopal bisa melihatnya di tengah-tengah kota, karena daerah perkotaan sudah terkontaminasi dengan populasi dan pantulan banyak cahaya dari gedung-gedung bertingkat. Momotrip punya lima tempat yang pas dan populer untuk melihat Milky Way hanya dengan mata telanjang di daerah Jawa. Dimana aja? Cek di bawah ini ya!

1. Gunung Gede, Jawa Barat

milky way gunung gede

Momopal yang pecinta gunung dan tempat tinggal di daerah Jawa Barat, di sini nih tempat yang bagus untuk melihat Milky Way. Gunung Gede berada di Taman Nasional Gede Pangrango, dan terletak di tiga kabupaten, yaitu di kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Suhu di siang hari sekitar 18 derajat celcius, dan suhu di malam harinya bisa mencapai 5 derajat celcius. Momopal yang ingin melihat Milky Way dari gunung ini disarankan untuk melihatnya dari alun-alun surya kencana. Berkemah sambil melihat Milky Way dan di temani dengan hamparan bunga edelweiss.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

miky way bromo

Tidak hanya kecantikan sunset dan sunrise-nya yang menggoda. Bukan hanya padang savana dan gurun saharanya saja yang memikat. Di Gunung Bromo momopal juga bisa melihat Milky Way pada malam hari. Bahkan Milky Way di Gunung Bromo ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia.

3. Ranu Kumbolo, Semeru

milky way ranukumbolo

Tempat yang terkenal karena film 5 CM ini juga menjadi salah satu spot yang bagus loh untuk melihat Milky Way, yaitu di Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo menjadi tempat transit bagi para pendaki untuk menaiki puncak semeru. Di sini selain untuk beristirahat dengan mendirikan tenda, momopal juga akan disuguhkan dengan gugusan bintang Milky Way yang terang dan berkilau.

4. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo
milky way Dieng

Dieng yang terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah juga menghasilkan gugusan bintang yang tidak kalah indah dari yang ada di gunung. Banyak tempat yang bisa momopal jelajahi untuk melihat Milky Way di tempat dengan ketinggian 2.093 mdpl ini. Momopal bisa melihat di atas kompleks candi arjuna atau juga bisa di Bukit Sikunir dan Gunung Prau.

Mulai pukul 23.00 sampai 04.00 pagi momopal bisa melihat Milky Way di Dataran Tinggi Dieng dengan mata telanjang. Karena suhu di Dieng waktu malam hari bisa mencapai minus 5 – 7 derajat celcius, disarankan untuk menggunakan jaket tebal agar momopal bisa nyaman melihat Milky Way.

5. Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

milky way kidul

Siapa sangka Yogyakarta juga memiliki tempat terbaik untuk melihat Milky Way. Tidak perlu naik gunung terlebih dahulu, momopal bisa melihat Milky Way hanya dengan berjalan di tepi pantai saja. Di pantai-pantai Gunung Kidul seperti Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Pantai Drini momopal bisa melihat Mikly Way.

Tertarik dong pasti untuk melihat keindahan dari Milky Way yang tidak akan bisa momopal temukan di tengah kota. Cahaya bintang dari Milky Way dapat membuat pikiran tenang dan jernih.
Yuk, rencanakan liburan kamu bersama Momotrip!

source image : google.co.id

Add Comment

Loading...