Surga Tersembunyi di Wakatobi

Wakatobi , sulawesi

Siapa yang tidak kenal dengan wakatobi. Salah satu wilayah perairan yang terletak di Sulwesi Tenggara ini sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Bahkan perairan wakatobi kini dijuluki sebagai surga nyata bawah laut. Sudah tidak diragukan lagi keindahan alam di wakatobi, keanekaragaman biota lautnya mampu memanjakan mata.

Wakatobi bukan merupakan suatu pulau melainkan gabungan nama dari empat pulau, yaitu pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tamia dan Binongko. Sejak tahun 2012 pemerintah setempat sudah menjadikan wakatobi sebagai Taman Nasional yang perlu dilestarikan. Lebih hebatnya, wakatobi kini diakui oleh UNESCO sebagai salah satu dari 62 cagar biosfer bumi yang tersebar di 117 negara. Indonesia telah membuktikan bahwa maritimnya kini sudah berkembang secara pesat.

Saat ini wakatobi menjadi salah satu pusat tujuan bagi para wisatawan baik domestik ataupun mancanegara yang hobby snorkeling dan diving. Hal ini karena wakatobi memiliki banyak terumbu karang, koral dan berbagai jenis ikan. Di wakatobi ini, terdapat 750 dari total 850 spesial koral yang berada di dunia. Itu artinya 80% jenis koral yang ada di dunia terdapat di perairan wakatobi.

Taman nasional wakatobi juga memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Di kawasan ini setidaknya ditemukan 396 spesies karang sceleractania, 31 spesies fungia, 31 spesies foraminifer, 34 spesies stomatopoda, dan lebih dari 942 spesies ikan. Di wakatobi memang sangat terkenal dengan banyaknya karang karena wakatobi berada di wilayah “Coral Tri-Angle” atau wilayah segitiga terumbu karang yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya tertinggi di dunia, yang meliputi Filipina, Indonesia sampai kepulauan Solomon.

Jenis ikan yang terkenal di wilayah wakatobi ini ialah ikan pari manta (manta ray). Ikan pari manta memiliki tubuh yang panjang bahkan bisa mencapai 7 meter. Ikan ini hanya ada di wilayah peraira tropis oleh sebab itu ikan ini terbilang jenis ikan langka. Selain itu juga ada ikan sperma, ikan ini sangat sulit ditemui karna hanya ada pada bulan November saja. Di saat wilayah lain membeku kawanan ikan paus sperma akan berenang menuju perairan wakatobi yang suhu airnya terbilang hangat.

Tidak hanya terkenal dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karangnya saja, wakatobi juga dikenal sebagai rumah bagi beberapa jenis penyu, yaitu, Penyu Sisik, Penyu Lekang dan Penyu Tempayan. Ada juga beberapa jenis burung laut yang bisa dijumpai di sini, seperti Gerek Melayu, Angsa-Batu Cokelat, dan Raja Udang Erasia.

Wakatobi memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat memanjakan mata dan sangat indah. Warna-warni terumbu karang dan ikan-ikan hias yang berlalu lalang mampu memanjakan mata.

Add Comment

Loading...