Empat Makanan Dari Sagu di Maluku

Masyarakat Indonesia Timur lebih menyukai sagu, ketimbang nasi, untuk dijadikan makanan pokok. Sagu mudah ditemukan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan lain, beberapa di antaranya akan dijelaskan oleh Momotrip berikut ini!

Sagu Woku Komo-komo

sagu woku komo komo

Selain sebagai makanan pokok, sagu dapat diolah menjadi lauk untuk melengkapi makanan pokok, yaitu Sagu Woku Komo-komo. Bawang putih, bawang merah, serai, jahe ditumis dan ditambahkan ke dalam olahan sagu. Kemudian, jeroan ikan yang dipotong dalam bentuk dadu disatukan dengan olahan sagu yang sudah matang. Kedua bahan ini dimasukkan ke dalam daun woka, dibungkus, dan dipanggang hingga kering. Adanya campuran jeroan ikan membaut Sagu Woku Komo-komo lebih cocok dinikmati sebagai lauk saat makan siang atau malam.

Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi

Setelah lauk, sagu bisa diolah menjadi makanan penutup yang manis dalam bentuk Bubur Sagu Ubi. Sagu direndam dalam air hingga mengembang. Lalu, ditambahkan kuah yang terbuat dari gula merah, gula pasir, dan daun pandan yang direbus. Terakhir, tambahkan ubi merah yang sudah direbus, beserta santan kental dan kenari sebagai pelengkap. Semangkok Bubur Sagu Ubi siap disantap untuk mengakhiri menu makan kamu.

Sagu Tumbu

Sagu Tumbu

Sagu Tumbu, di Maluku lebih dikenal dengan sebutan Paumido, adalah salah satu oleh-oleh khas Maluku. Sagu diolah hingga lembut, kemudian ditambahkan gula merah dan kenari sehingga memberikan bau yang harum dan rasa yang manis pada olahan sagu ini. Sagu Tumbu dijual dengan harga terjangkau dan dikemas dalam dua ukuran yang mudah dibawa pulang ke rumah. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh, bukan?

Bagea

kue-bagea-palopo

Bagea adalah makanan hasil olahan sagu yang berbentuk bulat dan berwarna cokelat. Namun, makanan ini memiliki tekstur yang keras sehingga lebih nikmat disantap dengan teh atau kopi. Sekarang, Bagea dibuat dengan beberapa rasa, seperti gula, kelapa, dan kenari. Rasa gula berasal dari gula merah, rasa kelapa berasal dari kelapa setengah matang, dan rasa kenariĀ  berasal dari biji kenari yang telah dicincang dan dicampurkan ke dalam olahan sagu Bagea.

Nah, sagu bisa menjadi bahan dasar yang menarik untuk membuat jenis makanan lainnya, kan? Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke Maluku, jangan lupa mencoba empat makanan yang terbuat dari sagun ini ya!

 

source image : google.com

Add Comment

Loading...